Sah! Kota Bandung Deklarasi Jadi Kota Angklung

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 14:30 WIB
Sah! Kota Bandung Deklarasi Jadi Kota Angklung (Humas Pemkot Bandung)
Sah! Kota Bandung Deklarasi Jadi Kota Angklung (Humas Pemkot Bandung)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Wali Kota Bandung Yana Mulyana mendeklarasikan Kota Bandung sebagai Kota Angklung, Sabtu 21 Mei 2022, di Plaza Balai Kota.

Kegiatan deklarasi yang digelar secara hybrid ini turut mengundang berbagai elemen masyarakat. Mulai dari seniman hingga sejumlah pegiat angklung di Kota Bandung
 
"Kita berharap kepada seniman, budayawan, pecinta angklung untuk bersama-sama melestarikan (angklung). Tidak hanya melestarikan, tetapi terus berinovasi," kata Yana Mulyana.
 
 
Yana Mulyana menyebut, Kota Bandung sudah selayaknya mendeklarasikan Kota Angklung.
 
Sebab menurutnya, Kota Bandung sendiri secara masif memperkenalkan, memainkan, dan membudayakan angklung. 
 
"Angklung ini semakin bisa diterima oleh seluruh kelompok masyarakat, termasuk dunia. Dan memang catatan sejarah, Kota Bandung lebih masif dalam memainkan, memperkenalkan, membudayakan angklung," ucapnya. 
 
 
Diketahui, terhitung sejak 2010, Angklung telah menjadi warisan budaya lisan dan takbenda manusia dari organisasi united nations educational, scientific and cultural organization (UNESCO). 
 
Tak hanya itu, angklung pun memang dikenal sebagai alat musik tradisional yang terus berkembang di daratan Sunda atau di wilayah Jawa Barat. Instrumen angklung biasanya dipergunakan dalam berbagai acara guna memeriahkan kegiatan.
 
 
Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari berharap, deklarasi Kota Angklung ini mampu mendongkrak Kota Bandung sebagai kota wisata.
 
"Semoga deklarasi ini membuat Kota Bandung menjadi destinasi wisata budaya. Semoga angklung terus berkembang pesat. Tong ngaku urang Bandung lamun teu ngangklung," ujar Kenny.

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X