RW se-Kota Bandung Usulkan Kenaikan Gaji, Wali Kota: Kita Pertimbangkan

- Kamis, 19 Mei 2022 | 19:15 WIB
Pengurus Forum RW mengusulkan aspirasi kenaikan gaji kepada Wali Kota dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung.  (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Pengurus Forum RW mengusulkan aspirasi kenaikan gaji kepada Wali Kota dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pada acara pengukuhan Ketua dan Pengurus Forum RW di Kota Bandung, para anggota mengusulkan aspirasi kenaikan gaji kepada Wali Kota dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung
 
Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, aspirasi tersebut masih dipertimbangkan, mengingat saat ini potential loss PAD (Pendapatan Asli Daerah) mencapai 1 Triliun. 
 
"Ya itu kita dipertimbangkan karena jumlahnya banyak, sementara faktanya Kota Bandung juga mengalami kontraksi sampai -2,28 persen, potential loss kita aja PAD lebih dari satu triliun dengan segala keterbatasan," ujar Yana kepada wartawan di Pendopo Kota Bandung, Kamis, 19 Mei 2022.
 
Kendati demikian, premi asuransi untuk para RW telah diupayakan. Yana juga menegaskan jika dana ada, maka pihaknya bersedia menaikkan gaji. 
 
"Kami coba kemarin berikan premi asuransi. Bertahaplah itu dengan segala keterbatasan. Kita juga mau aja (menaikkan gaji) kalau uangnya ada, cuma gak bisa. Kalau itu dilakukan harus berdasarkan kajian dan kemampuan juga," ungkapnya. 
 
 
Sementara itu, Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan, menuturkan bahwa aspirasi kenaikan gaji RW ini akan dipertimbangkan mengingat besaran gaji yang berlaku saat ini masih terbatas. 
 
"Kita masih pertimbangkan, karena dari sudut anggaran kita masih ngarenghab (menghela nafas). Gaji untuk RT Rp300 ribu, untuk RW Rp500 ribu per bulan," bebernya. 
 
"Kami mengakui jumlah tersebut masih terbatas. Tadi kan disampaikan prinsip dari forum RW ini kesukarelaan sebetulnya," sambungnya. 
 
 
Tedi berharap, Forum RW bisa terus menjaga kerja sama komunikasi aspirasi di lapangan, sebab beberapa produk hukum harus diimplementasikan melalui RW
 
"Dari DPRD juga tadi sudah disampaikan ada produk-produk hukum yang implementasinya di RW. Tentu implementasi di lapangannya harus dikomunikasikan, termasuk aspirasi-aspirasi itu harus melalui RW. sangat perlu kerja sama," tandasnya. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPRD Jawa Barat Setujui Propemperda Tahun 2023

Senin, 28 November 2022 | 14:13 WIB

CAF Gravity Indonesia Siap Gelar 'ENDURO WORLD SERIES'

Senin, 28 November 2022 | 10:53 WIB

Adele, Siswi Berprestasi Kelas 5 SD yang Jago Taekwondo

Minggu, 27 November 2022 | 14:10 WIB
X