Lawan Gugatan ke 4 SD Negeri, Pemkab Bandung Siapkan Pengacara

- Rabu, 18 Mei 2022 | 19:25 WIB
Ilustrasi siswa sekolah. Pemkab Bandung menyiapkan sejumlah pengacara untuk melawan gugatan perdata sengketa lahan yang digunakan bangunan SDN 6,7,9 dan 10 Margahayu, Kabupaten Bandung. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Ilustrasi siswa sekolah. Pemkab Bandung menyiapkan sejumlah pengacara untuk melawan gugatan perdata sengketa lahan yang digunakan bangunan SDN 6,7,9 dan 10 Margahayu, Kabupaten Bandung. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

SOREANG,AYOBADUNG.COM -- Pemkab Bandung menyiapkan sejumlah pengacara untuk melawan gugatan perdata sengketa lahan yang digunakan bangunan SDN 6,7,9 dan 10 Margahayu, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung.

Lahan yang digunakan oleh 4 SDN di Margahayu, Kabupaten Bandung tersebut digugat oleh ahli waris Apandi yang mengklaim sebagai pemilik lahan.

Gugatan tersebut saat ini telah masuk di Pengadilan Negeri Bale Bandung dan sedang menunggu jadwal sidang juga proses mediasi.

Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Bandung Yana Rosmiana mengatakan, gugatan yang dilayangkan oleh pihak ahli waris Apandi merupakan hak sebagai warga negara, sehingga patut dihormati.

"Setiap orang memiliki hak untuk melakukan gugatan hukum yang dilindungi undang-undang," ujar Yana ketika ditemui Rabu, 18 Mei 2022.

Baca Juga: Aksi Perampokan Gagal Setelah Tersangka Ditabrak Korban

Namun demikian, sekolah yang digugat berstatus sekolah negeri, sehingga Pemkab Bandung memiliki kewajiban untuk melakukan pembelaan.

"Kami yang menjadi kuasa hukum pihak sekolah dalam perkara ini," ungkapnya.

Dalam perkara tersebut, Bagian Hukum Pemkab Bandung telah menyiapkan setidaknya 6 pengacara yang akan menjadi kuasa hukum pihak sekolah.

"Dalam surat kuasa, ada 6 atau 7 orang dari tim hukum Pemkab Bandung yang diturunkan," ujarnya.

Dalam tahap awal lanjuut Yana, sesuai dengan perundangan dalam perkara perdata, sebelum masuk persidangan akan dilakukan proses mediasi di Pengadilan Negeri Bale Bandung.

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia U-23 di Semifinal SEA Games 2021

"Rencananya besok akan dilakukan mediasi," imbuhnya.

Pihaknya juga tengah mengumpulkan barang bukti dan saksi untuk mempersiapkan diri dalam persidangan apabila proses mediasi tidak menemukan titik temu. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X