3 Cara agar Kamu Bahagia saat Bekerja

- Rabu, 18 Mei 2022 | 17:16 WIB
Ilustrasi kerja menyenangkan. (Pixabay)
Ilustrasi kerja menyenangkan. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Sebelum tiba di kantor, mungkin ada di antara kita yang lebih khawatir daripada bahagia untuk bekerja. Bayangan akan tenggat, rapat, evaluasi kinerja, dikritik bos, atau khawatir dipecat tiba-tiba terus mengganggu pikiran.

Padahal, kata psikolog Tchiki Davis, pikiran negatif justru menciptakan emosi negatif dari pengalaman yang bahkan belum terjadi.

Davis mengatakan, seperti dilansir dari Psychology Today, Selasa (8/1/2019), agar memahami cara imajinasi bekerja dan dampaknya dalam memengaruhi perasaan manusia. Dengan sedikit latihan, kita dapat memanfaatkan imajinasi untuk memandang pekerjaan menjadi lebih menyenangkan.

AYO BACA : 5 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Rasa Bahagia

Bagaimana imajinasi memengaruhi emosi

Tahukah Anda bahwa otak sulit membedakan hal-hal yang terjadi dalam imajinasi dan hal-hal yang terjadi dalam kehidupan nyata?

Ketika kita membayangkan sesuatu, otak mencoba menyimulasikan respons yang akan terjadi jika situasi ini benar-benar terjadi. Ini adalah proses saraf yang memungkinkan kita untuk berempati, menempatkan diri pada posisi orang lain, dan memahami keadaan mental mereka. Kita pun menggunakan proses ini untuk lebih memahami diri kita sendiri.

Dalam pikiran, kita dapat memainkan skenario masa depan untuk memprediksi bagaimana kita secara pribadi berpikir, merasakan, dan meresponsnya. Dengan begitu, kita mengalami pikiran dan emosi yang serupa dengan yang akan terjadi jika situasi itu benar-benar terjadi pada kita saat ini.

Contohnya, ketika Anda membayangkan bos memuji Anda karena kinerja yang baik dan Anda mendapatkan promosi yang diharapkan, pada dasarnya Anda mengatakan pada otak untuk merespons seolah-olah hal-hal itu terjadi. Tiba-tiba, Anda menciptakan emosi positif untuk mengarah ke harapan positif Anda.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X