Dalih Panitia Terkait Pembubaran Acara Musik di Balai Kota Bandung: Itu Bukan Konser

- Rabu, 18 Mei 2022 | 17:00 WIB
Ilustrasi konser musik. Pihak DCDC buka suara terkait acara musik yang menghadirkan musisi Anji di Balai Kota Bandung hingga akhirnya batal digelar. (Pixabay/TheHilaryClark)
Ilustrasi konser musik. Pihak DCDC buka suara terkait acara musik yang menghadirkan musisi Anji di Balai Kota Bandung hingga akhirnya batal digelar. (Pixabay/TheHilaryClark)
SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pihak DCDC buka suara terkait acara musik yang menghadirkan musisi Anji di Balai Kota Bandung, Senin, 16 Mei 2022 lalu, hingga akhirnya batal digelar.
 
DCDC menegaskan event kemarin bukanlah acara konser musik, melainkan kegiatan apresiasi untuk para petugas kebersihan di Kota Bandung.
 
Marketing Manager Brand Communication PT Djarum Agus Danny Hartono menjelaskan acara yang tadinya akan digelar secara tertutup harus batal akibat terkendala permasalahan izin yang menurutnya sudah diurus beberapa waktu sebelumnya. 
 
"Jadi kami itu sangat tidak biasa kalau belum dapat surat izin, kami enggak mau eksekusi. Bahkan di H-1 juga, saya didampingi oleh bagian umum pemda, tapi kenapa 2 jam sebelum acara tiba-tiba ada pembatalan dari pihak internal," kata Agus saat dikonfirmasi, Rabu, 18 Mei 2022.
 
Danny pun menjelaskan kronologi acara DCDC yang akhirnya harus batal digelar di Balai Kota Bandung tersebut. Menurutnya, hal itu bermula dari acara Drumadhan pada 10 April 2022 yang melahirkan gagasan bersih-bersih Kota Bandung dari sejumlah komunitas musik.
 
 
"Itu independen DCDC saja acaranya dan hanya memakai tempat di pemda. Drumadan itu deklarasinya, eksekusinya itu dimulai tanggal 24-28 April. Kita libatkan 10 komunitas di 10 titik untuk bebersih Kota Bandung," terangnya.
 
Usai sukses menggelar Drumadan sekaligus mencetuskan acara bersih-bersih, DCDC lalu menawarkan gagasan ini ke Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung.
 
Gagasan ini lalu disambut DLH yang memang memiliki kesamaan untuk memberikan apresiasi bagi petugas kebersihan di Kota Bandung.
 
"Kita kerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup di 10 titik bersih-bersih Kota Bandung. Nah, kebetulan karena kami sudah kerjasama dengan komunitas, kepikiran untuk melibatkan LH dalam acara bersih-bersih ini," tuturnya.
 
 
"Makanya feedback dari kami mengadakan halal bi halal yan hanya melibatkan LH dan hanya dihadiri oleh tukang kebersihan di jalan untuk kita kasih apresiasi. Karena buat mereka nonton konser itu sesuatu yang jarang, boleh dikatakan tidak pernah malah," ungkapnya.
 
Tak disangka, Namun saat event kedua kalinya, pihak DCDC malah dilarang. Padahal kata Danny, seharusnya secara regulasi, event kedua itu tak menimbulkan masalah karena sudah mendapat dukungan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung.
 
"Logikanya, ketika tanggal 10 April kita bikin event, itu independen DCDC doang tanpa melibatkan kedinasan. Sekarang tanggal 16 Mei saya melibatkan kedinasan, harusnya logikanya lebih mudah dong, karena ada support oleh pemda. Tapi pada kenyatannya sebaliknya," ujarnya.
 
 
Padahal menurutnya, perizinan itu sudah ditempuh oleh DCDC. Bahkan, pihak penyelenggara sudah bertemu dengan Wali Kota Bandung Yana Mulyana beberapa hari sebelum acara itu digelar, dan Yana mengizinkan acara tersebut dilaksanakan di Balai Kota dengan syarat hanya dihadiri oleh 250 orang sebagai antisipasi prokes kesehatan Covid-19.
 
"Izin sudah kita tempuh semua. Yasudah enggak apa-apa, mungkin bukan rezekinya buat petugas kebersihan. Mungkin waktu lain kami bisa menghibur mereka, kami tidak akan berhenti, kami akan terus apresiasi mereka," tuturnya.
 
Meski begitu, pihak penyelenggara mengaku legawa walau acara musik tersebut batal dilaksanakan. Pihak DCDC tak ingin mengambil risiko karena memang secara aturan, izin mereka untuk menggelar event di Balai Kota Bandung tak diperbolehkan.
 
"Kami legawa aja. Kami juga tidak mungkin bikin sesuatu, panggung, tanpa ada izin," pungkasnya. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Semua Kantor ACT di Jabar Diminta Ditutup

Kamis, 7 Juli 2022 | 17:21 WIB
X