Diterjang Hujan Angin, Bangunan hingga Tiang Listrik di Cipatat KBB Runtuh

- Rabu, 18 Mei 2022 | 11:47 WIB
Diterjang Hujan Angin, Bangunan hingga Tiang Listrik di Cipatat KBB Runtuh (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Diterjang Hujan Angin, Bangunan hingga Tiang Listrik di Cipatat KBB Runtuh (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Cuaca ekstrem yang melanda wilayah Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB), dua hari berturut-turut, pada Senin-Selasa 16-17 Mei 2022, memicu bencana puting beliung dan banjir di beberapa titik.

Kejadian bencana menyebabkan sejumlah rumah rusak, tiang listrik dan pohon tumbang. Selain kerusakan infrastruktur, bencana ini menyebabkan aliran listrik lumpuh sementara karena jaringan listrik terputus.

"Hujan deras memicu bencana, tersebar di beberapa titik. Secara dominan terjadi di Desa Cipatat dan Kertamukti. Paling banyak laporan pohon tumbang dan tiang listrik," kata Plt Camat Cipatat, Faisal, Rabu 18 Mei 2022.

Baca Juga: Oppo Reno 8 Rilis 23 Mei, Berapa Harga Oppo Tebaru 2022 Ini?

Faisal merinci, laporan tiang listrik runtuh terjadi Kampung Bivak RW 04, Desa Cipatat. Total tiang yang runtuh ada 2 tiang. Sedangkan laporan rumah roboh ada di RT 02 RW 15 Desa Cipatat. Akibat kejadian, satu keluarga mengungsi ke rumah saudara dengan total kerugian sekitar Rp20 juta.

"Sedangkan rumah tertimpa longsor lokasinya di Kampung Stasiun RW 19 Desa Cipatat. Akibat longsor sebagai rumah tertimbun tanah dengan kerugian sekitar Rp5 juta," tambahnya.

Untuk kejadian pohon tumbang terjadi Di Desa Kertamukti tepatnya di Kampung Karang layung RT 03 RW 19 dan Kampung Marga Asih RT 02 RW 09. Mengakibatkan pohon pohon tersebut tumbang menimpa atap rumah dan kandang ayam serta instalasi listrik milik PLN. 

Baca Juga: NONTON Film KKN Desa Penari Full Movie UNCUT GRATIS, Bukan LK21 atau IndoXXI?

"1 unit rumah rusak ringan, kandang ayam rusak ringan, dan instalasi listrik tegangan tinggi rusak berat. Kini sudah dievakuasi oleh petugas BPBD, aparat desa  bersama warga," pungkasnya. 

Sementara itu; Kepala Seksi Kedaruratan BPBD KBB, Amas mengatakan kejadian laporan pohon tumbang dan rumah rusak diterjang angin kencang terjadi pula di Kecamatan Cipeundeuy. 

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X