Belum Ditemukan Hewan Terserang PMK di Kabupaten Bandung

- Selasa, 17 Mei 2022 | 15:58 WIB
Dinas Pertanian Kabupaten Bandung memastikan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) belum ditemukan pada hewan ternak di wilayah tersebut.  (Ayobandung.com)
Dinas Pertanian Kabupaten Bandung memastikan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) belum ditemukan pada hewan ternak di wilayah tersebut. (Ayobandung.com)
 
SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Pertanian Kabupaten Bandung memastikan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) belum ditemukan pada hewan ternak di wilayah tersebut. 
 
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bandung Tisna Umaran mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum menerima adanya hewan ternak di Kabupaten Bandung yang terkena PMK.
 
"Sampai sekarang belum kami temukan. Mudah-mudahan tidak ada," ujar Tisna, Selasa 17 Mei 2022.
 
 
Namun demikian, pihaknya tetap mewaspadai serangan PMK terhadap ternak di wilayah Kabupaten Bandung.
 
Salah satu antisipasi yang dilakukan adalah mengerahkan seluruh petugas kesehatan hewan untuk melakukan penyuluhan dan meningkatkan kewaspadaan.
 
 
Di Kabupaten Bandung saat ini terdapat 9 Puskeswan yang telah ditugaskan melakukan pendataan, pemeriksaan juga koordinasi dengan peternak dan pedagang hewan.
 
"Jika ditemukan ada ternak yang terkena PMK akan langsung dilakukan penanganan," katanya.
 
 
Kewaspadaan terhadap PMK akan dilakukan selama beberapa bulan kedepan, terlebih saat ini menghadapi Iduladha yang mana banyak hewan ternak dijual untuk kurban.
 
"Kami imbau masyarakat tidak usah panik. Saat ini tidak ditemukan PMK yang menular kepada manusia. Daging hewan yang terkena PMK juga masih aman dikonsumsi asal dimasak dengan benar," ujarnya.

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X