Covid-19 di Kota Bandung Melandai, UMKM Kembali Menggeliat Raup Omset hingga 3 Kali Lipat

- Selasa, 17 Mei 2022 | 14:33 WIB
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung Atet Dendi Handiman. (Ayobandung.com)
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung Atet Dendi Handiman. (Ayobandung.com)
SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Bandung menyebut giat UMKM mulai meningkat saat penyebaran Covid-19 di Kota Bandung melandai. 
 
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung Atet Dendi Handiman menyebut peningkatan tersebut dinilai berdasarkan hasil omzet yang dibukukan oleh 300 UMKM binaannya yang meningkat sampai 3 kali lipat hingga akhir 2021 kemarin. 
 
"Ya di tahun 2021 akhir, ada peningkatan lumayan ada sekitar 300 UMKM yang kami dampingi itu omzetnya dari semula Rp3 miliar jadi Rp10 miliar," ujar Atet di Balai Kota Bandung, Selasa, 17 Mei 2022.
 
 
Atet mengatakan, sektor yang mengalami peningkatan paling signifikan yaitu industri UMKM yang bergerak di sektor fesyen dan kuliner. Saat pandemi kemarin sempat mengalami masa terpuruk. 
 
"Peningkatan didominasi UMKM sektor kuliner dan fesyen, adapun satu usaha yang paling meningkat itu usaha jamu. Kalau kraft (kerjainan) belum terlalu signifikan peningkatannya," kata Atet. 
 
Bahkan, menurutnya selama masa pandemi kemarin banyak pihak UMKM yang mengurus perizinan baik pengajuan baru maupun shifting (perubahan) jenis usaha. 
 
 
"Walaupun ada pandemi, usulan pengajuan izin tetap ada. Apalagi shifting atau pergeseran jenis usaha dari fesyen ke kuliner misalnya. Kalau sudah jadi UMKM terus berganti jenis usaha pasti mereka merasakan perlunya perizinan," katanya. 
 
Adapun untuk peningkatan UMKM saat libur lebaran kemarin, Atet mengaku pihaknya belum melakukan survei secara khusus untuk mengetahui kondisi terkini para pelaku UMKM terutama binaan Dinas Koperasi dan UMKM
 
 
"Secara khusus peningkatan selama lebaran belum kita survey secara menyeluruh, tapi secara umum memang UMKM sudah ada geliat, sudah meningkat," ungkapnya. 
 
"Dengan status Covid-19 yang terus melandai, diharapkan UMKM Kota Bandung bangkit lagi," tuturnya. 

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Semua Kantor ACT di Jabar Diminta Ditutup

Kamis, 7 Juli 2022 | 17:21 WIB
X