Digusur Revitalisasi Situ Ciburuy, Uu Ruzhanul Janji Bangun Kembali Bale Pinton KBB

- Senin, 16 Mei 2022 | 16:35 WIB
Revitaliasasi Situ Ciburuy. Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menjanjikan membangun kembali Bale Pinton, di kawasan Situ Ciburuy,  Kabupaten Bandung Barat. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Revitaliasasi Situ Ciburuy. Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menjanjikan membangun kembali Bale Pinton, di kawasan Situ Ciburuy, Kabupaten Bandung Barat. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menjanjikan membangun kembali Bale Pinton, di kawasan Situ Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB). 

Sebelumnya, Bale Pinton sebagai ruang ekspresi seniman dan budayawan di sekitar Ciburuy digusur tanpa musyawarah dengan dengan masyarakat. Bangunan itu diratakan untuk disulap jadi food court dan lahan wisata selfi.

"Insyaallah akan kita bangun kembali. Karena pemerintah butuh budayawan, ajengan, teknokrat dan lainnya untuk mengayomi masyarakat," kata Wagub Uu Ruzhanul saat ditemui di Desa Cibitung, Kecamatan Rongga, Bandung Barat, Senin 16 Mei 2022.

Meski begitu, Uu bakal lebih dulu mengecek terkait status lahan dan perizinan Bale Pinton. Hal itu guna memastikan setiap pembangunan tetap mentaati aturan yang ada. 

"Tapi semuanya harus mengikuti aturan yang ada. Itu status tanahnya dan lain-lainnya harus dipatuhi," tambah Uu. 

Baca Juga: Calon Pemain Naturalisasi Yakin Timnas Indonesia Juara SEA Games Vietnam

Menurutnya, Pemprov Jabar mendukung penuh semua kegiatan masyarakat yang bersifat positif. Termasuk kegiatan-kegiatan budaya dan kesenian. Oleh karena itu, ruang bagi seniman dan budayawan harus tetap dijaga. 

"Memang (kegiatan) budaya penting untuk menjaga moral dan akhlak. Supaya budaya kita tak tergerus dengan budaya lain. Insya Allah pemerintah akan memperhatikan kegiatan budaya," pungkasnya. 

Diketahui, penggusuran Bale Pinton dikutuk keras pelaku seni budaya. Pasalnya, tempat itu satu-satunya ruang berkreasi bagi para seniman dan budayawan KBB

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X