Wagub Jabar Uu Ruzhanul Minta Peternakan Ikut Tanggung Jawab Tangani Wabah PMK

- Senin, 16 Mei 2022 | 12:35 WIB
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum minta para pengusaha dan peternak hewan ikut bertanggung jawab terhadap penanganan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum minta para pengusaha dan peternak hewan ikut bertanggung jawab terhadap penanganan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum minta para pengusaha dan peternak hewan ikut bertanggung jawab terhadap penanganan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Menurut Uu, serangkaian cara telah dilakukan pemerintah untuk memutus wabah PMK. Namun hal itu perlu didukung oleh pihak swasta yakni peternak dan pengusaha hewan ternak. 

Bentuk tanggung jawab tersebut yakni, ikut memastikan hewan ternak sehat dan menyetop pengiriman dari daerah pusat wabah PMK berada. 

Baca Juga: Viral Biaya Parkir Motor di Basement Alun-alun Bandung: Tarif Rp 80 Ribu Tidak Lebih dari 1 Jam

"Saya minta pengertian pada pengusaha ternak jelang Idul Adha, tolong kerjasama dan saling pegang tanggung jawab. Jangan sampai hewan sakit dikirim ke Jabar. Harus hewan ternak yang betul-betul sehat. Ini tanggung jawab bersama, bukan hanya pemerintah," kata Uu saat ditemui di Desa Cibitung, Kecamatan Rongga, Bandung Barat, Senin 16 Mei 2022.

Tercatat di Jawa Barat sudah ada tiga daerah yang melaporkan adanya kasus PMK pada hewan ternak. Tiga daerah itu yakni Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kota Banjar.

Baca Juga: Robert Alberts Berencana Rekrut Pemain dari Diklat Persib saat Latihan Perdana Jelang Liga 1 Musim Depan

Untuk memutus penyebaran wabah dari wilayah ini, Pemprov Jabar bakal membuat satuan tugas (Satgas) khusus penanggulangan PMK bekerjasama dengan tiap kepala daerah. 

Kehadiran Satgas ini akan dilengkapi posko tempat pengaduan, vaksinator, petugas pelacak, serta gabungan dari aparat keamanan untuk mengawasi lalu lintas ternak dari luar Jabar

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Safari Suci Berangkatkan 306 Jemaah Umroh

Minggu, 14 Agustus 2022 | 17:49 WIB
X