Alasan Tarif Kendaraan Lebih Mahal di Kawah Putih

- Minggu, 15 Mei 2022 | 19:52 WIB
Alasan Tarif Kendaraan Lebih Mahal di Kawah Putih (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)
Alasan Tarif Kendaraan Lebih Mahal di Kawah Putih (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)
 
RANCABALI,AYOBANDUNG.COM-- Tarif masuk objek wisata Kawah Putih, Rancabali, Kabupaten Bandung terbilang tinggi apabila menggunakan kendaraan pribadi sampai ke kawah.
 
Untuk bisa membawa kendaraan sampai ke Kawah Putih, bisa mencapai ratusan ribu rupiah.
 
Dutty Menejer Kawah Putih, Dudung Suhaeri, mengatakan untuk bisa membawa kendaraan sampai ke kawah, pengunjung dikenakan charge emisi sebesar Rp165.000/kendaraan. Itu belum termasuk tiket masuk.
 
 
"Untuk tiket masuk Rp28.000/orang," ujar Dudung, Minggu 15 Mei 2022.
 
Harga tiket masuk tersebut lebih mahal apabila tidak menggunakan kendaraan pribadi sampai ke kawah. Menurutnya, jika wisatawan tidak menggunakan kendaraan sendiri sampai ke kawah, selain membeli tiket masuk Rp28.000/orang pengunjung diberi tambahan biaya ontang-anting sebesar Rp28.000/orang. Sehingga hanya tarif masuk kawah Putih hanya Rp56.000/orang.
 
 
"Ontang-anting ini merupakan pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal. Jadi kami berharap agar pengunjung tidak menggunakan kendaraan pribadinya sampai ke atas," katanya.
 
Alasan itulah yang membuat pengelola juga tidak memperkenankan pengunjung menggunakan sepeda motor sampai ke atas.
 
 
"Yang menggunakan sepeda motor atau bisa, tetap harus menggunakan ontang-anting. Selain untuk pemberdayaan masyarakat pengemudi ontang-anting, juga untuk keselamatan," katanya.
 
Jalan yang menanjak, bisa membahayakan bagi pengemudi sepeda motor juga bus. Atas alasan itulah, pihaknya juga memberi tarif lebih mahal bagi pengunjung yang ingin membawa kendaraan pribadi roda empat untuk sampai ke Kawah Putih.

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ratusan Perantau Minangkabau Berkumpul di Giriharja

Sabtu, 24 September 2022 | 19:27 WIB
X