Polda Jabar Awasi Jalur Distribusi Hewan Ternak dari Daerah Wabah PMK

- Jumat, 13 Mei 2022 | 12:55 WIB
Polda Jawa Barat bakal mengawasi jalur distribusi hewan ternak dari daerah yang ditemukan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK). (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Polda Jawa Barat bakal mengawasi jalur distribusi hewan ternak dari daerah yang ditemukan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK). (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM - Polda Jawa Barat bakal mengawasi jalur distribusi hewan ternak dari daerah yang ditemukan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

Mengingat lalu lintas hewan ternak bakal meningkat drastis jelang Hari Raya Idul Adha.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan pengawasan ini guna mencegah meluasnya wabah PMK di Jabar. Polisi akan fokus mengecek kelengkapan surat jalan kendaraan. 

"Kapolda sudah memberi atensi untuk melakukan pemeriksaan di jalur distribusi hewan (ternak) ini," kata Ibrahim saat ditemui di Cimahi, Kamis 13 Mei 2022. 

Tercatat di Jawa Barat sudah ada tiga daerah yang melaporkan adanya kasus PMK pada hewan ternak. Tiga daerah itu yakni Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kota Banjar. 

Baca Juga: Polisi Ringkus Suami Aniaya Mantan Istri karena Berebut Anak di Bandung Barat

Selain surat-surat, kepolisian akan dibantu oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat untuk memeriksa kesehatan terhadap hewan ternak yang masuk ke wilayah Jawa Barat

"Kewenangan mengenai pemeriksaan di jalan ini juga akan digunakan oleh pihak kepolisian dengan memeriksa kelengkapan surat-surat hewan," kata Ibrahim. 

"Tetapi untuk pemeriksaan kita kembalikan kepada stakeholder dalam hal ini dinas peternakan," imbuhnya. 

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X