Pengunjung Alun-alun Bandung Kerap Abai Kebersihan, Petugas Bisa Angkut Sampah Satu Truk dalam Sehari

- Kamis, 5 Mei 2022 | 14:39 WIB
Pengunjung Alun-alun Kota Bandung kerap abai kebersihan, petugas dapat angkut sampah satu truk dalam sehari. (Ayobandung.com/Gelar Adli S.)
Pengunjung Alun-alun Kota Bandung kerap abai kebersihan, petugas dapat angkut sampah satu truk dalam sehari. (Ayobandung.com/Gelar Adli S.)

REGOL, AYOBANDUNG.COM — Semenjak Kota Bandung beralih menjadi PPKM Level 2, Alun-alun Bandung kembali dibuka. 
 
Momen libur Lebaran ini menjadikan Alun-alun Bandung sebagai pilihan destinasi warga luar Kota yang berlibur ke Kota Bandung.
 
Namun sayang, masyarakat yang seyogyanya hendak menghabiskan waktu libur dan rekreasi bersama orang terkasih di Alun-alun Bandung, mesti berdampingan dengan sampah yang berserakan di rumput sintetis tepat di depan Masjid Raya Bandung.
 
Salah seorang petugas kebersihan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung, Tita (47) menilai urusan sampah di Alun-alun Bandung pada libur Lebaran tahun ini membeludak dan terjadi peningkatan signifikan.
 

"Sampah sangat membeludak, bahkan kemarin saja kita (petugas) bisa mengangkut sampah sebanyak satu truk dari sini (Alun-alun Bandung)," ucapnya ketika ditemui di Alun-alun Bandung, Kamis, 5 Mei 2022.

Pihaknya berharap masyarakat yang berkunjung ke Alun-alun Bandung dapat berkontribusi dalam menjaga kebersihan dengan minimal membuang sampah pada tempatnya.
 
"Tolong masyarakat yang lagi berlibur di Alun-alun Bandung untuk membuang sampah pada tempatnya," tuturnya.
 
 
Salah seorang wisatawan kota, Ratna Maulidi (22) mengatakan, dirinya sengaja berkunjung ke Alun-alun Bandung untuk berkeliling menggunakan Bandros atau Bandung Tour on Bus.
 
Namun di samping itu, Ratna menyayangkan area Alun-alun Bandung ini dipenuhi oleh sampah-sampah berserakan yang berasal dari para pengunjung lainnya.

"Untuk lebaran ini (kondisi Alun-Alun Bandung) ramai banget. Tapi karena banyak yang wisata dari luar kota, sampah-sampah berserakan, ya," ujarnya.

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X