Tradisi Ziarah Kubur Usai Lebaran, TPU di Bandung Barat Ramai Pengunjung

- Senin, 2 Mei 2022 | 12:37 WIB
Tradisi ziarah di TPU Perkebunan Panglejar, di Kampung Cipeureudeuy, Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Senin, 2 Mei 2022. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Tradisi ziarah di TPU Perkebunan Panglejar, di Kampung Cipeureudeuy, Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Senin, 2 Mei 2022. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

 

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Tradisi ziarah kubur usai Lebaran membuat angka kunjungan ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) di sejumlah wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) meningkat. 

Salah satunya terpantau di TPU Perkebunan Panglejar, di Kampung Cipeureudeuy, Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat. Warga berbondong-bondong datang menabur bunga, berdoa, dan membaca surat Yasin. Bahkan sesekali suara lirih dan isak tangis masih terdengar dari peziarah. 

Hingga pukul 12:00 WIB, pengelola TPU mencatat ada sekitar 500 penziarah datang ke lokasi itu. Angka tersebut masih bisa terus bertambah pada sore hari hingga 3 hari setalah Lebaran

Baca Juga: Hilal Belum Nampak, 4 Negara ini Rayakan Idul Fitri Tanggal 3 Mei

"Catatan kami sudah ada sekitar 500 orang penziarah. Mungkin nanti sore bisa lebih karena masih banyak yang datang," kata pengelolaan TPU Perkebunan Panglejar, Rizki Martadinata, Senin 2 Mei 2022.

Menurut Rizki tradisi ziarah kubur memang ramai pasca Lebaran. Namun banyak pula yang melakukan ziarah sejak 3 sebelum IdulFitri. Jadi warga yang berkunjung biasanya 3 hari sebelum dan sesudah Lebaran

"Tahun ini memang banyak banget yang datang. Mungkin karena mudik sudah diizinkan, jadi keluarga yang di luar daerah bisa ikut ziarah," terang Rizki.

Baca Juga: 7 Contoh Doa Peristiwa Rosario Bulan Maria Lengkap Renungan Peristiwa

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Konflik Lahan SDN Bunisari KBB Dibawa ke Meja Hijau

Rabu, 10 Agustus 2022 | 10:32 WIB
X