Hindari Beban Puncak Arus Mudik, Ribuan Santri di KBB Mudik Sejak Pekan Kedua Ramadan

- Kamis, 28 April 2022 | 12:46 WIB
Ribuan santri pesantren di Kabupaten Bandung Barat (KBB) telah melaksanakan mudik sejak pekan kedua bulan Ramadan 1443 Hijriah.  (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)
Ribuan santri pesantren di Kabupaten Bandung Barat (KBB) telah melaksanakan mudik sejak pekan kedua bulan Ramadan 1443 Hijriah. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Ribuan santri pesantren di Kabupaten Bandung Barat (KBB) telah melaksanakan mudik sejak pekan kedua bulan Ramadan 1443 Hijriah. 

Kementerian Agama (Kemenag) KBB telah mengimbauan agar kegiatan di pesantren diliburkan tak mendekati hari Lebaran untuk menghindari beban puncak arus mudik 2022.

"Kita sudah beri imbauan agar libur tak mendekati Idul Fitri. Pekan kemarin sudah diliburkan. Jadi mayoritas santri di KBB sudah mudik," kata Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag KBB, Endin Wahyudin, Kamis 28 April 2022.

Baca Juga: 11 Tips agar Cantik Alami Tanpa Make-up saat Lebaran 2022

Data Kemenag mencatat, jumlah pesatren di KBB ada 685 lembaga dengan jumlah santri sekitar 27.200 orang. Wilayah Bandung Barat tak hanya jadi daerah tujuan nyantri dari pulau Jawa, tapi juga santri luar pulau Jawa. 

"Ya memang gak cuma daerah di pulau Jawa. Banyak yang nyantri dari NTT dan daerah luar pulau lainnya. Sekarang mereka juga sudah pada mudik," katanya. 

Endin menjelaskan, langkah libur lebih awal kegiatan pesantren diharap bisa memperlancar arus mudik 28 April sampai 1 Mei 2022. 

Baca Juga: Daftar Jalur Alternatif Mudik Pantura Periode Lebaran 2022

Sementara itu, untuk arus balik diharap pesantren memberi libur lebih panjang agar kembali ke pondok tak berbarengan dengan waktu puncak arus balik. 

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cegah Bullying, Guru Harus Intens Awasi Siswa di Sekolah

Selasa, 29 November 2022 | 16:54 WIB
X