Warga Kota Bandung Dilarang Pawai Obor dan Takbir Keliling Malam Lebaran

- Rabu, 27 April 2022 | 15:49 WIB
Ilustrasi pawai obor. Pemerintah Kota Bandung melarang warganya untuk melakukan pawai obor dan takbir keliling pada malam Lebaran 2022. (Ayobandung.com/Danny)
Ilustrasi pawai obor. Pemerintah Kota Bandung melarang warganya untuk melakukan pawai obor dan takbir keliling pada malam Lebaran 2022. (Ayobandung.com/Danny)
REGOL, AYOBANDUNG.COM — Pemerintah Kota Bandung melarang warganya untuk melakukan pawai obor dan takbir keliling pada malam Lebaran 2022.
 
Kegiatan pawai obor dan takbir keliling ini dikhawatirkan menciptakan kerumunan serta kemacetan di Kota Bandung.
 
"(Pawai obor) itu tidak boleh, takbir keliling tidak boleh," kata Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, di Pendopo, Rabu, 27 April 2022.
 
Larangan pawai obor dan takbir keliling ini sejatinya telah diumumkan Kementerian Agama (Kemenag) Maret 2022 lalu.
 
 
Pengumuman itu berupa Surat Edaran (SE) Nomor 8 Tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah Pada Bulan Ramadan dan Idul Fitri 1443 H/2022 M.
 
SE itu ditujukan di antaranya untuk Kepala Kantor Wilayah Agama Provinsi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota, Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Islam, serta Pengurus dan Pengelola Masjid/Musala.
 
 
Dalam SE tepatnya Kententuan nomor 10 disebutkan, masyarakat diimbau untuk mengumandangkan takbir pada malam Idul Fitri Tahun 1443 H/2022 M di masjid/musala atau rumah masing-masing.
 
Sebagai informasi, larangan ini merupakan larangan ketiga kalinya sejak pandemi Covid-19 merebak di Indonesia pada 2020 lalu. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X