Perusahaan di Bandung Barat Wajib Bayar THR Hari Ini, Jika Telat Laporkan ke Sini!

- Senin, 25 April 2022 | 15:12 WIB
Seluruh perusahaan di Bandung Barat wajib membayarTHR bagi buruh atau pekerja, paling lambat, pada Senin 25 April 2022, hari ini.
Seluruh perusahaan di Bandung Barat wajib membayarTHR bagi buruh atau pekerja, paling lambat, pada Senin 25 April 2022, hari ini.

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Seluruh perusahaan di Kabupaten Bandung Barat (KBB) wajib membayar tunjangan hari raya (THR) bagi buruh/pekerja, paling lambat, pada Senin 25 April 2022, hari ini. 

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) KBB, Panji Hermawan mengatakan berdasarkan Permenaker 6 Tahun 2016 dan surat edaran Menteri Ketenagakerjaan terbaru, THR wajib dibayarkan 7 hari sebelum Idul Fitri. 

"Wajib dibayar hari ini. Ini hari terakhir bayar THR berdasarkan edaran Menaker terbaru," kata Panji. 

Berdasarkan perhitungan, besaran THR sama dengan satu bulan gaji. Perusahaan di Bandung Barat juga dilarang melakukan pembayaran dengan mode dicicil. Kategori dicicil juga masuk pelanggaran.

Baca Juga: THR PNS Bandung Barat Cair Minggu Ini? Anggarannya Rp45 Miliar

Apabila ditemukan perusahaan belum membayar THR pada 7 hari sebelum Idul Fitri atau lebih dari 7 hari sebelum Idul Fitri, Disnakertrans mengimbau kalangan buruh melaporkan ke Posko pengaduan THR di kantor Disnakertrans. 

"Kami tegaskan tidak boleh dicicil dan dibayar maksimal hari ini. Kalau ada laporkan ke kami. Kita sudah buat posko pengaduan di kantor Disnakertrans," tambah Panji. 

Panji menyebut posko THR Disnakertrans sudah menerima beberapa laporan soal THR. Pihaknya akan segera menindaklanjuti bekerjasama dengan UPT pengawasan. Selain menampung laporan di posko THR, Dinas juga melakukan peninjauan langsung ke pabrik. 

Baca Juga: Perusahaan di Bandung Telat Bayar THR Buruh dan Karyawan, Bisa Dilaporkan dan Disanksi

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bawaslu Bandung Barat Siap Bentuk Sentra Gakkumdu

Jumat, 5 Agustus 2022 | 14:21 WIB
X