Bedah Buku dan Diskusi Jejak Listrik di Tanah Raja

- Minggu, 24 April 2022 | 08:41 WIB
Bedah Buku dan Diskusi Jejak Listrik di Tanah Raja
Bedah Buku dan Diskusi Jejak Listrik di Tanah Raja

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Sudah 76 tahun Perusahaan Listrik Negara (PLN) menerangi Indonesia, tapi tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana awal perkembangan listrik di Indonesia.

Melalui buku berjudul “JEJAK LISTRIK DI TANAH RAJA” Eko Sulistyo selaku Komisaris PT PLN (Persero) mencoba mengungkap sejarah perkembangan listrik di Indonesia.

Bermula dari Tahun 1901 sampai dengan 1957, buku yang ditulis oleh Eko Sulistyo selaku Komisaris PT PLN (Persero), yang menggambarkan sejarah kelistrikan mulai dari tahun 1901 sampai 1957.

Hari Jumat, tanggal 22 April 2022, bertempat di NuArt Sculpture Park Bandung, digelar Bedah Buku dan Diskusi “JEJAK LISTRIK DI TANAH RAJA” bersama PLNERS, pelajar, Mahasiswa, akademisi, Seniman, dan kaum milenial yang dihadiri langsung penulis.

Hadir pula Dalam acara Bedah Buku & Diskusi beberapa Panelis antara lain: General Manager PT PLN (Persero) UID Jabar Agung Nugraha, Dosen Program Studi Sejarah Fakultas Ilmu Budaya UNPAD Fadli Rahman, dan juga Penyair dan Esais Ahda Imran.

Sekilas mengenai Buku “JEJAK LISTRIK DI TANAH RAJA”, buku ini menyajikan sejarah kelistrikan di Vorstelanden yang dulu dikenal sebagai kekuasaan kerajaan di Surakarta.

Banyak hal menarik diungkap, mulai dari kehadiran pabrik listrik yang dimotori penguasa kerajaan Kasunanan dan Mangkunegaran, munculnya budaya perkotaan akibat listrik, sampai pendirian pembangkit listrik oleh Mangkunegara VII yang mencerminkan kemandirian bangsa, jauh
sebelum Indonesia merdeka.

Dengan harapan buku ini dapat memotivasi PLN untuk terus memberikan pelayanan maksimal, memenuhi rasio elektrifikasi hingga 100 persen, Menyasar hingga wilayah terpencil di pelosok negeri serta seluruh stakeholder dapat mendukung transformasi kelistrikan di Indonesia.

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

X