Kanwil DJP dengan Kejati dan Polda Jabar Gelar FGD Penanganan Tindak Pidana Pajak

- Selasa, 29 Maret 2022 | 14:27 WIB
Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) di Jawa Barat menggelar FGD dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar dan Polda Jabar. (Ayobandung.com/Gelar Aldi S.)
Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) di Jawa Barat menggelar FGD dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar dan Polda Jabar. (Ayobandung.com/Gelar Aldi S.)
 
CIMENYAN, AYOBANDUNG.COM — Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) di Jawa Barat menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar dan Polda Jabar, untuk membahas penanganan tindak pidana di bidang perpajakan.
 
Staff Ahli Menteri Bidang Peraturan dan Penegakkan Hukum, Iwan Djuniardi berharap output dari FGD ini menghasilkan inovasi dan rekomendasi bersama-sama dalam penegakkan hukum di bidang perpajakan.
 
"Intinya adalah kita membuat suatu inovasi-inovasi bukan hanya ujung-ujungnya hukuman bagi tindak pidana bidang perpajakan, tapi juga pengoptimalan dari pajak itu sendiri dengan tidak menghilangkan efek jera," kata Iwan Djuniardi saat konferensi pers, Selasa, 29 Maret 2022.
 
Selain inovasi, Kanwil DJP di Jawa Barat I, II, dan III menggelar FGD ini dalam melaksanakan peran dan fungsinya sebagai pembimbing dan pelayan Wajib Pajak, tapi juga memastikan hak dan kewajiban Wajib Pajak tersebut dilaksanakan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
 
 
Di tempat yang sama, Kepala Kejati Jabar Asep Mulyana mengatakan, kolaborasi antar tiga instansi ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan pendapatan negara dari sektor perpajakan.
 
Sebab menurutnya, pajak merupakan instrumen untuk meningkatkan dinamika pembangungan di Indonesia ini.
 
"Kami berkomitmen dalam penegakkan hukum sebagai upaya terakhir dalam rangka memberikan efek jera, sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat untuk taat pajak," ujarnya.
 
Sementara Wakapolda Jabar Brigjen Pol Bariza Zulfi mendukung dan mengapresiasi atas diselenggarakannya FGD ini, khususnya terkait tindak pidana di bidang perpajakan.
 
 
Dirinya berharap, FGD ini menghasilkan terobosan-terobosan terbaru dalam penegakkan hukum sehingga tujuan dari pajak itu bisa dicapai dan manfaatnya dirasakan masyarakat khususnya Jawa Barat
 
"Kami dari Polda Jabar sangat mendukung kegiatan ini dan mendoakan mudah-mudahan dapat menghasilkan suatu yang maksimal serta bisa terealisasi," ungkapnya. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X