Ratusan Ojol Geruduk Balai Kota Bandung, Potongan Aplikator Dinilai Tidak Masuk Akal

- Kamis, 24 Maret 2022 | 13:06 WIB
Ratusan ojek online melakukan aksi unjuk rasa di depan Balai Kota Bandung pada Kamis, 24 Maret 2022 sekitar pukul 11.30 WIB. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Purta)
Ratusan ojek online melakukan aksi unjuk rasa di depan Balai Kota Bandung pada Kamis, 24 Maret 2022 sekitar pukul 11.30 WIB. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Purta)

demo ojol di Balai Kota Bandung berlangsung pada Kamis ini.

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Ratusan pengemudi ojek online dari berbagai aplikasi melakukan aksi unjuk rasa di depan Balai Kota Bandung pada Kamis, 24 Maret 2022 sekitar pukul 11.30 WIB.

Para pengemudi ojek online ini menyampaikan aspirasi terkait tingginya potongan yang dilakukan aplikator hingga pengaturan order yang menurut mereka hanya menguntungkan sebagian pihak.

Baca Juga: Pasien Covid-19 di RSHS Bandung Terus Berkurang

Alif (28), selaku koordinator aksi, mengatakan unjuk rasa dilakukan secara spontan karena para ojol kecewa dengan kebijakan aplikator yang menerapkan potongan tinggi, insentif yang tidak jelas, hingga orderan yang dinilainya pilih-pilih.

"Kita sendiri yang di kota bandung ini merasakan sudah ongkos kecil, murah orderan pun angin-anginan. Orderan pun dipilih-pilih mana yang memihak aplikator akan diberikan orderan lebih banyak," ujar Alif di sela orasi, Kamis, 24 Maret 2022.

Selain itu, Alif menuntut agar pihak aplikator mengikuti kebijakan tarif yang ditetapkan oleh pemerintah dan tidak melakukan penerapan tarif ongkos secara sepihak.

"Untuk ongkos pun mengikuti aturan yang ditetapkan pemerintah, tidak melakukan penerapan secara sepihak. Jangan sampai ada perselisihan dengan aplikasi lain, semua disamaratakan," jelasnya.

Menurutnya, saat ini potongan ongkos yang diterapkan kepada driver sangat memberatkan. Dengan skema pemotongan yang hampir 50 persen, lanjut dia, membuat sulit para driver terutama dengan kondisi minim orderan.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Artikel Terkait

Terkini

X