Link Nonton Film Bandung Lautan Api Gratis, Lengkap dengan Sinopsisnya

- Rabu, 23 Maret 2022 | 18:02 WIB
Link Nonton Film Bandung Lautan Api yang rilis pada 1979, serta sinopsisnya. (Ist)
Link Nonton Film Bandung Lautan Api yang rilis pada 1979, serta sinopsisnya. (Ist)

Berikut link nonton film Bandung Lautan Api gratis serta sinopsis film Bandung Lautan Api.

LENGKONGAYOBANDUNG.COM -- Maret 1946 menjadi saksi bisu bagaimana heroiknya masyarakat Bandung memperjuangkan tanah kelahiran mereka dalam peristiwa bersejarah Bandung Lautan Api.

Momen penting tersebut kemudian diabadikan dalam sebuah film berjudul sama yang dirilis pada 1975. Disutradarai oleh Alam Surawidjaya, film ini diperankan oleh aktor-aktor kenamaan Indonesia yakni Dicky Zulkarnaen, Arman Effendy, dan Christine Hakim.

Baca Juga: Lokasi 10 Stilasi Bandung Lautan Api, Jadi Saksi Bisu Perjuangan Pahlawan Bandung

sinopsis film Bandung Lautan Api mengisahkan tentang latar belakang terjadinya aksi bumihangus di Bandung. Bumbu-bumbu percintaan juga mewarnai film ini dengan kisah cinta segitiga antara Nani (Christine Hakim), Priyatna (Arman Effendy), dan Hidayat (Dicky Zulkarnaen).

Peristiwa Bandung Lautan Api bermula ketika Sekutu datang Ke Bandung, di bawah pimpinan Brigade MacDonald. Sekutu menuntut masyarakat Bandung untuk menyerahkan senjata yang diperoleh dari Jepang.

Kemudian Sekutu mengeluarkan ultimatum agar Bandung Selatan segera dikosongkan dengan segera. Ultimatum kedua dikeluarkan oleh sekutu dengan memberi batas waktu untuk mengosongkan Bandung selambat-lambatnya pada 29 November.

A.H. Nasution yang saat itu menjabat sebagai Komandan Divisi III, menyatakan menolak untuk meninggalkan Bandung. Sedangkan Sutan Syahrir yang saat itu ada di posisi perdana menteri Republik Indonesia Serikat, menginginkan jalan damai.

Di tengah kemelut dan dilema yang dihadapi, A.H Nasution akhirnya membulatkan tekad untuk meninggalkan Bandung. Namun bukan untuk patuh kepada Sekutu, ia justru memberikan perlawanan.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X