Ribuan Dosis Vaksin Covid-19 di Kota Cimahi Expired, Ini Penyebabnya

- Jumat, 18 Maret 2022 | 14:00 WIB
Ribuan vaksin Covid-19 di Cimahi expired. Ilustrasi. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Ribuan vaksin Covid-19 di Cimahi expired. Ilustrasi. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Ratusan dosis vaksin Covid-19 di Kota Cimahi tak bisa dipakai lantaran telah melebihi batas maksimal waktu penggunaan atau expired.

Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan Kota Cimahi terdapat 660 vial vaksin sudah melewati batas pakai atau kedaluwarsa pada 7 Maret 2022 lalu.

Pada umumnya, vaksin dikemas dalam kemasan dus sekunder berisi 10 vial ukuran 5 ml, di mana setiap vial berisi vaksin 10 dosis. Artinya ada 6.600 dosis vaksin tak bisa dipakai lagi.

Baca Juga: Polisi Buat Tim Khusus Awasi Rantai Distribusi Minyak Goreng di Cimahi-KBB

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Dwihadi Isnalini mengatakan, ribuan dosis vaksin kedaluwarsa ini terjadi lantaran waktu pengiriman mepet. 

Dinas Kesehatan menerima dosis vaksin sekitar 1.360 vial, pada 3 Maret 2022. Sementara batas penggunaannya berakhir tanggal 7 Maret. Artinya, ribuan dosis vaksin itu harus habis dalam kurun waktu 4 hari.

"Kita terima kiriman sekitar 1.360 vial vaksin yang terserap hanya 700 vial. Sisa 660 vial belum terpakai karena kadaluwarsa pada 7 Maret lalu. Kalau gak salah, dikirim 3 maret dan 7 Maret sudah kadaluwarsa," kata Dwihadi, Jumat 18 Maret 2022.

Selain waktu kedaluwarsa cukup pendek, para tenaga kesehatan dihadapkan oleh menurunnya antusiasme warga mengikuti vaksinasi. Sehingga kiriman dari pusat saat ini sulit diserap.

Dinkes Cimahi memastikan, ribuan dosis vaksin expired itu bakal diamankan. Pihaknya masih menyimpan vaksin tersebut di gudang khusus vaksin.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X