Hujan Angin dan Petir Berpotensi Menggelegar di Bandung Raya, Ternyata Ini Penyebabnya

- Jumat, 11 Maret 2022 | 15:38 WIB
hujan angin dan petir berpotensi terjadi di Bandung Raya, ini penyebabnya. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
hujan angin dan petir berpotensi terjadi di Bandung Raya, ini penyebabnya. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

 

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- cuaca Bandung Barat (KBB) dan beberapa wilayah Bandung Raya masih berpotensi diguyur hujan intensitas tinggi disertai angin kencang dan petir menggelar, hingga akhir Maret 2022.

Kondisi itu telah terjadi sejak sepekan terakhir. Bahkan terbaru, hujan deras disertai suara petir terdengar menggelegar pada Kamis, 10 Maret 2022 sore. Karena suara petir sangat keras, kaca jendela warga sempat bergetar.

"Ya suara petir keras banget sepeti bom, kemarin sore pukul 19.00 WIB. Kaca jendela ikut bergetar bahkan anak saya sampai ke bangun," kata Hendra Gunawan (40), warga Cimareme Kecamatan Padalarang, KBB, Jumat 11 Maret 2022.

Baca Juga: Kabupaten Bandung Hujan Es dan Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Rumah

Hendra menyebut cuaca di Bandung Barat memang kerap turun hujan pada sore hingga malam hari. Agar mencegah hal-hal tidak diinginkan, dia kerap mematikan televisi saat hujan dan petir menerjang.

"Untuk antisipasi saya berusaha tidak keluar rumah. Tak tersambar. Kalau hujan dan petir udah datang saya juga buru-buru mematikan televisi," terangnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) membenarkan kondisi cuaca Bandung tersebut. Pasalnya, terjadi belokan angin sehingga memicu pertumbuhan banyak awan cumulonimbus (Cb).

Prakirawan BMKG Bandung Muhammad Iid menjelaskan, awan cumulonimbus ini menyimpan banyak energi sehingga memicu hujan lebat, hujan es, dan petir apabila berada di ketinggian sekitar 11 kilometer dari permukaan tanah.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Konflik Lahan SDN Bunisari KBB Dibawa ke Meja Hijau

Rabu, 10 Agustus 2022 | 10:32 WIB
X