Ini 2 Tuntutan Forum Dosen SBM ITB terhadap Rektor

- Kamis, 10 Maret 2022 | 09:51 WIB
Ini tuntutan forum dosen SBM ITB terhadap Rektor. (dok. ITB)
Ini tuntutan forum dosen SBM ITB terhadap Rektor. (dok. ITB)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Forum Dosen SBM ITB melayangkan sejumlah tuntutan terhadap Rektor ITB Reini Wirahadikusumah. Hal ini dilakukan usai Rektor mencabut hak swakelola SBM ITB pada 2003 tanpa pemberitahuan dan kesepakatan pihak-pihak yang berkepentingan.

"Artinya, pencabutan asas swakelola ini adalah bentuk ketidakadilan, terutama bagi mahasiswa dan orang tua mahasiswa yang telah membayar untuk mendapat standar pelayanan kelas dunia, tapi tidak terlaksana karena dicabutnya azas swakelola," ujar perwakilan Forum Dosen SBM ITB Jann Hidajat, dilaporkan Republika.

Menurutnya, hasil upaya swadana yang dilaksanakan oleh SBM ITB sebenarnya cukup untuk mendanai kualitas pelayanan terbaik.

Baca Juga: SBM ITM Berhenti Beroperasi dan Tak Terima Mahasiswa Baru Sementara

Namun, kata dia, sistem baru belum siap secara menyeluruh dan beberapa sistem yang sudah diberlakukan tidak memenuhi nilai-nilai dasar penyelenggaraan kegiatan Tridarma di ITB (Statuta ITB Pasal 7).

Atas dasar itu, Forum Dosen SBM ITB melayangkan tuntutan berikut ini:

1. Dikembalikannya asas swakelola

2. Dilakukan kaji ulang atas peraturan-peraturan baru yang dikeluarkan oleh Rektor, dengan melibatkan perwakilan Majelis Wali Amanat (MWA), Senat Akademik (SA) ITB serta unit terdampak khususnya SBM ITB, sampai ada kesepakatan bersama agar menjamin semua Fakultas/Sekolah di ITB memiliki kemauan dan kemampuan untuk tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan.

Untuk menguatkan tuntutan tersebut, FD SBM ITB memutuskan akan melakukan rasionalisasi pelayanan akademik terhitung hari Selasa, 8 Maret 2022, sampai dengan adanya kesepakatan baru dengan Rektor ITB.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X