Biaya Kuliah Mahal di Tengah Pandemi, Mahasiswa Unpas Bandung Demo Desak Transparansi

- Jumat, 4 Maret 2022 | 17:54 WIB
Puluhan mahasiswa Universitas Pasundan (Unpas) menggelar demonstrasi di kampus mereka yang berada Jalan Tamansari, Kota Bandung, Jumat (4/3/2022).  (Ayobandung.com/Gelar Aldi S.)
Puluhan mahasiswa Universitas Pasundan (Unpas) menggelar demonstrasi di kampus mereka yang berada Jalan Tamansari, Kota Bandung, Jumat (4/3/2022). (Ayobandung.com/Gelar Aldi S.)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Puluhan mahasiswa Universitas Pasundan (Unpas) menggelar demonstrasi di kampus mereka yang berada Jalan Tamansari, Kota Bandung, Jumat (4/3/2022). 

Dalam demo ini, mereka mendesak adanya pemotongan biaya kuliah atau Dana Penyelenggaraan Pendidikan (DPP) sebab kabarnya, selama pandemimahasiswa tidak merasakan keringanan biaya, malah terdapat kenaikan DPP
 
Kenaikan DPP ini dinilai memberatkan mereka, terlebih pandemi Covid-19 diakui sangat menghantam kondisi perekonomian keluarga.
 

"Hari ini di depan gedung yang menjulang megah, uang-uang kita di sana, gedung tinggi tapi hak-hak kita tidak diperhatikan. Pandemi Covid-19 sudah berjalan dua tahun, kebiadaban seringkali terjadi di kampus kita," teriak seorang orator di depan gedung Rektorat Unpas.

Menggunakan almamater kampus berwarna hijau, massa mahasiswa sebelumnya berkumpul di Taman Radio. Sekira pukul 15.00 WIB, massa tiba di depan kampus mereka.

Demonstrasi ini disertai oleh aksi teatrikal yang dilakukan oleh tiga massa aksi. Pertama mereka mengenakan pakaian compang-camping, kemudian mereka representasi kaum miskin yang tertindas di dalam kampus.
 
Baca Juga: Daftar 13 HP Samsung 5G Murah Mulai 3 Jutaan di Maret 2022, RAM 6GB hingga 12 GB

Dari depan gerbang kampus, mereka berjalan secara merangkak hingga gedung rektorat. Di depan gedung rektorat, di antara hamparan aspal panas dan terik matahari yang menyengat, mereka berbaring dan menggelar aksi jemur diri.

"Kami tunggu pejabat-pejabat kampus unik berdialog di sini," teriak seorang massa aksi.
 
Baca Juga: Kronologi Tangmo Nida Tewas, Artis Thailand yang Fotonya Tersebar dalam Keadaan Mengenaskan

Berdasarkan keterangan tertulis mengatasnamakan Aliansi Mahasiswa Unpas Menggugat, setidaknya ada tiga tuntutan utama mahasiswa, yakni mendesak pemotongan DPP, lalu meminta kepastian pihak kampus agar tidak menaikkan DPP selama pandemi berlangsung, dan menuntut adanya transparansi dana Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB).

Hingga berita ini diturunkan, puluhan mahasiswa masih menggelar orasi secara bergantian di depan gedung rektorat. Mereka menunggu pejabat Unpas untuk keluar dan melakukan dialog terbuka terkait uang kuliah.

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X