Ono Surono Sebut Pagelaran Wayang Semar Lakon Memperkuat Nasionalisme dengan Budaya Daerah

- Senin, 28 Februari 2022 | 12:34 WIB
Badan Kebudayaan Nasional (BKN) PDI P Jawa Barat menggelar Pagelaran Virtual Wayang Golek Rampak Dalang Putra Giri Harja Semar Lakon. (Istimewa)
Badan Kebudayaan Nasional (BKN) PDI P Jawa Barat menggelar Pagelaran Virtual Wayang Golek Rampak Dalang Putra Giri Harja Semar Lakon. (Istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Badan Kebudayaan Nasional (BKN) PDI Perjuangan Jawa Barat menggelar Pagelaran Virtual Wayang Golek Rampak Dalang Putra Giri Harja "Semar Lakon" yang digelar secara hybrid, Sabtu, 26 Februari 2022, malam.

Karya itu dipentaskan oleh dalang Dadan Sunandar Sunarya, Yogaswara Sunandar dan Bhatara Sena Sunarya, hiburan dari Ade Batak dan Jenong serta ditayangkan melalui akun resmi Youtube @bknppdiperjuangan.

Acara ini sendiri merupakan bagian dari rangkaian acara HUT PDI Perjuangan ke-49.

"Alhamdulillah pagelaran wayang yang digelar PDI Perjuangan Jawa Barat ini mendapat antusias masyarakat yang cukup tinggi. Saat ditayangkan di youtube channel penontonnya mencapai 58.864," kata Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono dalam keterangan yang diterima redaksi, Senin, 28 Februari 2022.

Sebelum membahas lebih jauh soal wayang, Ono mengungkapkan bahwa Indonesia sebagai negara bangsa (nation state) lahir dan berdiri berkat nasionalisme.

"Sebelum berdiri formal pada tahun 1945, Indonesia belum ada. Saat itu yang ada adalah bangsa-bangsa yang mempunyai corak budayanya masing-masing. Ketika Indonesia tegak berrdiri, bangsa–bangsa yang ada bermetamorfosis menjadi suku-suku bangsa," lanjut Ono Surono.

Baca Juga: Ada Sindikat Penipuan Minyak Goreng Murah di Bandung? Ini Kata Polda Jabar

Menurutnya, sangat jelas bahwa Indonesia merupakan kesatuan kultural, gabungan suku-suku bangsa dengan kebudayaannya masing-masing.

Ternyata, imbuh Ono, nasionalisme itulah yang memersatukan berbagai suku bangsa menjadi satu bangsa.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X