Buruh Korban PHK Bisa Dapat Dana JKP di Cimahi dan Bandung Barat

- Senin, 7 Februari 2022 | 16:42 WIB
Pekerja korban PHK yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek di wilayah Cimahi bisa mendapat dana JKP. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Pekerja korban PHK yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek di wilayah Cimahi bisa mendapat dana JKP. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Pukulan telak Pandemik Covid-19 terhadap sektor ekonomi membuat pekerja di sejumlah perusahaan harus kena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). 

Bagi pekerja korban PHK yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek di wilayah Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB), terhitung mulai 1 Februari 2022, bisa mendapat dana Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

Kepala BPJamsostek Kantor Cabang Cimahi, Agus Suprihadi mengatakan para pekerja dapat melakukan pengajuan klaim program JKP ini di kantor cabang Cimahi.

"Salah satu manfaat program ini adalah akses uang tunai yang diberikan selama enam bulan. Tiga bulan pertama sebesar 45 persen dari upah yang dilaporkan, tiga bulan selanjutnya uang tunai diberikan 25 persen dari upah terlapor," kata Agus, Senin, 7 Februari 2022.

Menurutnya, program itu sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja bahwa BPJamsostek menjadi badan penyelenggara yang ditunjuk untuk melaksanakan program JKP di seluruh Indonesia. 

Baca Juga: Terus Melonjak, Kasus Covid Bandung Barat Tembus 203 Orang

"Program JKP merupakan bentuk hadirnya negara di tengah warganya. Sebab program ini sangat membantu masyarakat pekerja ketika mengalami kehilangan pekerjaan," tambahnya. 

Oleh karena itu, kata Agus, kepada seluruh pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) yang berada di Kota Cimahi dan KBB bisa melakukan klaim ke kantor BPJamsostek.

Adanya program JKP ini maka para pekerja peserta BP Jamsostek dapat lebih tenang dan fokus dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemprov Jabar Dorong Petani Kopi Ekspor Tanpa Perantara

Jumat, 23 September 2022 | 19:07 WIB
X