Tokoh Masyarakat Adat Sunda Datangi Kantor PDIP Jabar

- Kamis, 3 Februari 2022 | 08:00 WIB
Spanduk Arteria Dahlan Musuh Orang Sunda. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Spanduk Arteria Dahlan Musuh Orang Sunda. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Sejumlah tokoh masyarakat adat Sunda mendatangi kantor DPD PDIP Jawa Barat, Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung, Rabu, 2 Februari 2022. Salah satu tokoh yang datang adalah musisi Acil Bimbo.

Menurut perwakilan Majelis Masyarakat Adat Budaya Sunda, Ari Mulya Subagja, para tokoh adat menyayangkan saat ini semakin banyak masyarakat yang meninggalkan kebudayaan lokal.

Mnurut Ari, pemerintah dan DPR RI diminta lebih aktif dalam menjaga kehidupan berbudaya di masyarakat. Hal itu karena saat ini warisan leluhur tersebut semakin ditinggalkan bahkan banyak yang dinistakan.

Baca Juga: Ini Kata PDIP Soal Desakan Pecat Arteria Dahlan

Bahkan, kata Ari, saat ini banyak dilakukan penistaan terhadap kebudayaan yang dilakukan oleh tokoh dan politisi. Oleh karena itu, dia meminta, pemerintah lebih aktif agar tidak ada lagi masyarakat yang meninggalkan kebudayaan lokal, apalagi sampai menistakannya.

Menurutnya, salah satunya dengan memberlakukan undang-undang tentang hukum adat. "Hari ini masih RUU di prolegnas," katanya, dilaporkan Republika.

Padahal, kata dia, sejak 2017 dirinya sebagai ketua Majelis Adat Sunda sudah diminta membuat konsep tentang rancangan undang-undang tersebut. "Tapi sampai sejauh ini belum ada prosesnya," ujarnya.

Ari menilai, jika undang-undang tentang hukum adat sudah diberlakukan, maka akan ada batasan tentang apa saja yang terkait dengan kebudayaan.

"Nanti diatur bagaimana sikap-sikap atau koridor yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan. Ini yang akan menguatkan adat budaya Indonesia, dan tentunya bangsa Indonesia sendiri," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X