Komisi D DPRD Kota Bandung Minta Disdik Evaluasi PTM

- Jumat, 28 Januari 2022 | 14:23 WIB
PTM 100 Persen di Bandung. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
PTM 100 Persen di Bandung. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

REGOL, AYOBANDUNG.COM -- Anggota Komisi D DPRD Kota Bandung, Heri Hermawan menilai pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka atau PTM Bandung harus dievaluasi.

Menurut Heri, di tengah naiknya kasus Covid-19, keselamatan dan keamanan para peserta PTM Bandung harus dipertimbangkan secara serius. Serta, lanjut dia, Dinas Pendidikan harus waspada dalam menentukan langkah antisipasi penyelenggaraan PTM.

"Karena Omicron ada tempat-tempat yang riskan untuk terjadi penularan satu di sarana umum dan transportasi umum. Kedua, di tempat berkegiatan termasuk di sekolah. Saya rasa, semua pihak dalam hal ini Disdik, satgas, dan kita masyarakat dalam hal ini orang tua siswa diharapkan lebih harus waspada," ujar Heri saat dihubungi, Jumat, 28 Januari 2022.

Baca Juga: Satu Sekolah Kota Bandung Ditutup Sementara, 3 Siswa Peserta PTM Positif Covid-19

Heri juga menilai, adanya kasus peserta PTM yang terkonfirmasi positif Covid-19 bisa menjadi dasar kuat untuk mengevaluasi PTM 100 persen untuk diturunkan kapasitasnya bahkan menggunakan metode hybrid kembali dengan PJJ.

"Dua minggu lalu, kita sudah melakukan raker bahwa PTM tetap dilanjutkan. tetapi dengan keadaan terakhir ini harus segera dilakukan evaluasi yang masif supaya kita punya landasan apakah kita PTM 100 persen dilanjutkan ditambah atau pun dikurang bahkan di hentikan tergantung hasil evaluasi," jelas Heri.

Meski begitu, lanjut Heri, penurunan kapasitas PTM ini tetap harus melewati pertimbangan yang matang. Terlebih, ada manfaat lebih dalam pelaksanaan PTM dibanding dengan PJJ.

"Artinya sebaiknya secepatnya Disdik dan Satgas Covid melakukan evaluasi untuk menentukan apakah pertemuan PTM 100 persen tetap dilanjutkan atau bahkan ditambah atau seperti apa atau dikurangi," jelasnya.

"Kita harus didasari oleh evaluasi yang masif jadi jangan sampai keputusan yang baik terkait dengan PTM bisa dihambat hal-hal yang sebetulnya masih belum mendekati kedaruratan. Bagaimana pun juga keputusan PTM 100 ada di ke 4 Kementerian," ujarnya.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sah! Kota Bandung Deklarasi Jadi Kota Angklung

Sabtu, 21 Mei 2022 | 14:30 WIB
X