Kota Bandung Targetkan Tak Ada Kabel Menjuntai 2023

- Jumat, 28 Januari 2022 | 13:44 WIB
Kota Bandung menargetkan tak ada kabel menjuntai pada 2023. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Kota Bandung menargetkan tak ada kabel menjuntai pada 2023. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mencanangkan program untuk merapikan kabel menjuntai di beberapa titik strategis.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna mengungkapkan, saat ini progres penurunan kabel di udara ke titik pertanahan sudah berjalan. Ema menargetkan pada 2023 mendatang tidak ada lagi kabel menjuntai di sejumlah kawasan.

"Grounding ini tujuannya agar Kota Bandung bisa lebih rapi lagi. Tidak ada kabel-kabel yang menjuntai seperti ini. Semuanya sudah kita instalansi di bawah tanah," ujar Ema kepada wartawan, Jumat, 28 Januari 2022.

Baca Juga: Selamat Tinggal Semrawut, Kabel Menjuntai di 13 Ruas Jalan Kota Bandung Dibenahi

Dalam waktu dekat ini, Ema mengatakan, grounding kabel akan dimulai di sepanjang ruas Jalan Juanda. Pemkot Bandung akan membenahi di empat titik instalansi.

"Rencananya ini akan kita selesaikan Jumat pekan depan, 4 Februari. Koordinatornya dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung. Nanti juga kita akan koordinasikan bersama instansi terkait," jelasnya.

Sampai saat ini, persiapan yang telah dilakukan yakni pembuatan manhole atau saluran khusus jalur kabel bawah tanah di ruas Jalan Juanda.

Setelah ini, Ema menambahkan, langkah berikutnya adalah perapian kabel di Jalan Riau dan Ahmad Yani.

"Sekarang kita selesaikan dulu yang Jalan Juanda. Setelah itu, kita benahi yang lainnya. Rencananya, tiang-tiang kabel di Jalan Tamblong pun akan kita rapikan, sinergi dengan target 2023," ucap Ema.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sah! Kota Bandung Deklarasi Jadi Kota Angklung

Sabtu, 21 Mei 2022 | 14:30 WIB
X