Kejati Apresiasi Langkah Cepat Pemda KBB Obati TBC Warga Penerima Restorative Justice

- Kamis, 27 Januari 2022 | 19:30 WIB
Pemda Kabupaten Bandung Barat melakukan penanganan intensif terhadap Agus Mustofa (28) yang menderita TBC. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Pemda Kabupaten Bandung Barat melakukan penanganan intensif terhadap Agus Mustofa (28) yang menderita TBC. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Pemda Kabupaten Bandung Barat melakukan penanganan intensif terhadap Agus Mustofa (28) Warga Kampung Cibiru, RT 03 RW 07, Desa Ciptaharja, Kecamatan Cipatat yang menderita TBC.

Agus merupakan tersangka dugaan kasus pencurian motor yang mendapatkan restorative justice (pengampunan) dari Jaksa Agung lantaran mengidap TBC akut. Saat ini Agus mendapat perawatan di Rumah Sakit Cahya Kawaluyaan.

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat Asep N Mulyana mengatakan, dalam perkara tersebut ibu dan tersangka dipertemukan dengan korban untuk meminta maaf secara langsung.

Baca Juga: Hengky Kurniawan Siap Obati TBC yang Diderita Warga KBB Penerima Restorative Justice

"Secara materil perkara terpenuhi, namun tentu Kajari Cimahi melihat aspek lain. Oleh karenanya, perkara atas nama yang bersangkutan kita hentikan dengan catatan ada permintaan maaf. Kami berikan solusi secara persuasif dan akhirnya status tersangka dan baju tahanan dicabut," katanya, Kamis 27 Januari 2022.

Ia menambahkan, penanganan yang dilakukan terhadap Agus tidak hanya sebatas penyelesaian kasus hukumnya saja. Lebih jauh dari itu, kondisi kesehatan dan ekonominya pun tertangani.

"Selain persoalan hukum yang telah selesai tetapi keberlangsungan hidup Agus dan keluarganya pun harus tertangani," tambahnya.

Asep menyebut, dia mengapresiasi upaya Pemkab Bandung Barat yang langsung melakukan penanganan terhadap sakit yang diderita Agus dengan langsung membawa yang bersangkutan ke RSCK.

"Luar biasa sekali penanganan yang cepat oleh Pa Bupati (Hengky Kurniawan) langsung dibawa ke rumah sakit. Kita pun akan berkolaborasi memperbaiki rumah yang bersangkutan," ujarnya.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X