Di Depan Ratusan Mahasiswa ITB, KCIC Kenalkan Kecanggihan KCJB

- Kamis, 27 Januari 2022 | 18:41 WIB
KCJB merupakan salah satu inovasi baru di bidang perkeretaapian yang mampu meningkatkan mobilitas masyarakat di Jakarta dan Bandung. (Istimewa)
KCJB merupakan salah satu inovasi baru di bidang perkeretaapian yang mampu meningkatkan mobilitas masyarakat di Jakarta dan Bandung. (Istimewa)

KCJB merupakan salah satu inovasi baru di bidang perkeretaapian yang mampu meningkatkan mobilitas masyarakat di Jakarta dan Bandung.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — PT KCIC mengadakan Stadium General Online bertajuk ‘KCJB Goes To Campus: Membangun Masa Depan Transportasi Modern Indonesia’ bersama civitas akademika ITB melalui media zoom dan Youtube Live Streaming pada Rabu, 26 Januari 2022.

Kegiatan yang diisi oleh Allan Tandiono selaku Direktur Manajemen Proyek dan Pengembangan Bisnis PT KCIC, dihadiri ratusan mahasiswa dari berbagai fakultas yang ada di ITB

Dalam kesempatan tersebut, Allan Tandiono menjelaskan gambaran umum seputar proyek KCJB. Termasuk juga jenis kereta cepat yang digunakan untuk melayani penumpang.

“Jenis kereta CR400AF yang akan beroperasi nanti, kata dia, terinspirasi dari sejumlah identitas Indonesia yaitu komodo dan batik. Kereta itu akan menjadi transportasi modern dengan teknologi terdepan di Asia Tenggara,” jelas Allan saat memperkenalkan rangkaian EMU untuk KCJB.

Baca Juga: KCIC Gunakan Teknologi Canggih Girder Launcher untuk Buat Terowongan

Allan menambahkan selain bertujuan untuk memperkenalkan  KCJB kepada seluruh civitas akademis ITB, stadium generale ini juga jadi ajang sharing knowledge mengenai teknologi canggih yang dibawa dalam pembangunan KCJB pada seluruh operasional KCJB.

KCIC juga ingin mengajak para mahasiswa berdiskusi mengenai rencana pengembangan wilayah berorientasi transit (TOD) KCJB di Halim Perdanakusuma, Karawang, Padalarang, dan Gedebage. Topik-topik tersebut diharapkan dapat membawa dampak positif di masa depan.

“Mumpung masih dalam tahap konstruksi. Upaya ini diharapkan akan menjadi proses pembelajaran dan alih teknologi agar di masa datang Indonesia dapat melakukan kemandirian secara teknologi," tambahnya.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X