Jelang Pemilu 2024, KPU Kota Bandung Sebut Jumlah Dapil Bisa Bertambah

- Kamis, 27 Januari 2022 | 15:07 WIB
Jelang Pemilu 2024, KPU Kota Bandung sebut dapil bisa bertambah. Ilustrasi. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Jelang Pemilu 2024, KPU Kota Bandung sebut dapil bisa bertambah. Ilustrasi. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Ketua KPU Kota Bandung Suharti mengatakan, ada 6 daerah pemilihan (dapil) di Kota Bandung untuk Pemilu 2024. Namun, angka tersebut dimungkinkan untuk bertambah mengingat KPU Kota Bandung baru akan menggelar penataan dapil di akhir 2022.

"Mungkin saja (bertambah), karena akhir tahun ini kita mulai pembahasan penataan dapil. Dapil bisa diubah sampai sembilan sekalipun asal memenuhi syarat," kata Suharti saat dihubungi, Kamis, 27 Januari 2022.

Suharti mengungkapkan ada 7 prinsip yang harus dipenuhi untuk mengatur dapil sebagaimana diatur dalam PKPU Nomor 16 Tahun 2017.

Baca Juga: Jadwal Pemilu 2024 Resmi, Ini Hasil Kesepakatan KPU dan Mendagri

Tujuh syarat itu meliputi kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, proporsionalitas, integritas wilayah, berada dalam satu wilayah yang sama, kohesifitas, dan kesinambungan.

"Ada 7 prinsip dari penataan dapil itu yang harus dipenuhi, jadi memungkin asal memenuhi 7 prinsip itu dalam menyusun sebuah dapil," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Suharti, keputusan terkait Dapil akan melibatkan banyak pihak. Hal itu dilakukan bahwa pemetaan Dapil dapat diketahui dan dipahami oleh semua lapisan masyarakat.

Baca Juga: HW Minta Keringanan, Kajati Jabar Tetap Lanjut Tuntut Hukuman Mati

"Penataan dapil tidak hanya diputuskan oleh KPU, ada sosialisasi, masukan dari Parpol, pemerintah, atau dari tokoh masyarakat," tambahnya.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sah! Kota Bandung Deklarasi Jadi Kota Angklung

Sabtu, 21 Mei 2022 | 14:30 WIB
X