Jalan Plesiran Dibongkar akibat Tiang Penyangga Rusak Berat

- Selasa, 25 Januari 2022 | 18:49 WIB
Jalan Plesiran dibongkar oleh DSDABM Kota Bandung, akibat tiang gorong-gorong yang berada di bagian bawah jalan rusak tergerus air.  (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Jalan Plesiran dibongkar oleh DSDABM Kota Bandung, akibat tiang gorong-gorong yang berada di bagian bawah jalan rusak tergerus air. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

COBLONG, AYOBANDUNG.COM -- Jalan Plesiran yang terletak di antara perbatasan Kecamatan Coblong dan Bandung Wetan dibongkar oleh Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung
 
Jalan sepanjang 12 meter dengan lebar 4 meter ini sengaja dibongkar untuk dilakukan perbaikan, akibat tiang gorong-gorong yang berada di bagian bawah jalan rusak tergerus air. 
 
Menurut Alan (60) salah satu warga mengatakan, jalan yang berada tepat di depan Gang Pelesiran VII, RW 6, Kelurahan Cipaganti, dibongkar sejak Senin, 24 Januari 2022, kemarin. 
 
"Ini bukan amblas, jadi awalnya itu ini karena fondasinya terkikis jadi jalan ini menggantung, karena penyangganya sudah tidak ada. Terus ada retakan di badan jalan, warga kayanya ada yg lapor," ujar Alan saat ditemui, Selasa, 25 Januari 2022.
 
 
Alan menjelaskan, kerusakan jalan tersebut sudah terjadi sejak dua tahun lalu dan baru dilakukan perbaikan hari kemarin.
 
Selain itu, kondisi jalan yang rusak membuat warga cukup lega ketika dilakukan perbaikan. 
 
"Jalan menggantung ini udah lama. Padahal ini akses dari Cihampelas ke Tamansari. Bawahnya saluran air, daripada membahayakan, dibongkar. Kondisi jalan tidak baik (ada retakan)," lanjutnya. 
 
Meski begitu, ia berharap pembongkaran jalan untuk perbaikan ini dilakukan secara menyeluruh.
 
 
Serta, perbaikan jalan ini bisa dilakukan secepatnya mengingat jalan ini ramai dilalui oleh masyarakat. 
 
"Ini fondasi yang terkikis ada di sebelah kiri, dan kemungkinan ada yang lainya. Jadi bukan ini saja, jadi tolong yang lainnya juga dikontrol atau dicek. Karena khawatir, soalnya ini jalan aktif," jelasnya. 
 
Jalan Plesiran dibongkar oleh DSDABM Kota Bandung, akibat tiang gorong-gorong yang berada di bagian bawah jalan rusak tergerus air. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
 
Sementara itu, Kepala DSDABM Kota Bandung, Didi Ruswandi membenarkan pembongkaran jalan tersebut dilakukan akibat tergerusnya dinding gorong-gorong dibawah jalan. 
 
"Mudah-mudahan satu bulan beres. Iya, sementara (pembongkaran dan perbaikan) segmen itu saja," ujar Didi saat dikonfirmasi, Selasa, 25 Januari 2022.
 
Didi mengungkapkan, perbaikan serupa pernah dilakukan oleh DSDABM di beberapa titik lain Jalan Plesiran.
 
 
Bahkan, menurutnya, air sempat meluap ke rumah warga akibat saluran gorong-gorong tersumbat sehingga terjadi pengikisan dinding.
 
"Sebelumnya di tempat bebeda pernah ditangani. Setelah dicek, ternyata akibat tersumbat sampah dan ngikis dinding sungai. Sehingga perkerasan beton menggantung sehingga patah. Sepertinya kejadian yang sekarang juga mirip," jelas Didi. 
 
Berdasarkan Pantauan Ayobandung.com di lokasi, perbaikan jalan ini mengakibatkan Jalan Plesiran tidak bisa dilalui sementara.
 
Tumpukan material pembongkaran jalan terlihat masih berada di sekitar lokasi perbaikan. 
 
 
Selain itu, garis pembatas sudah dipasang oleh DSDABM di sekitar lokasi perbaikan.
 
Bagi pengendara yang hendak melalui Jalan Plesiran, disarankan untuk mencari jalan alternatif lain guna menghindari penutupan. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X