Jembatan Cangkorah Bandung Barat Segera Dibangun, Warga Semringah

- Selasa, 25 Januari 2022 | 17:10 WIB
Untuk membangun Jembatan Cangkorah sepanjang sekitar 150-200 meter di Bandung Barat itu butuh biaya miliaran rupiah. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Untuk membangun Jembatan Cangkorah sepanjang sekitar 150-200 meter di Bandung Barat itu butuh biaya miliaran rupiah. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

Untuk membangun Jembatan Cangkorah sepanjang sekitar 150-200 meter di Bandung Barat itu butuh biaya miliaran rupiah.

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Setelah puluhan tahun harus menempuh jarak puluhan kilometer untuk mendapatkan akses layanan publik ke kantor desa, warga Desa Cangkorah, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB) akhirnya bisa tersenyum lebar. 

Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) KBB telah mengajukan pembangunan jembatan penyeberangan di Desa Cangkorah. 

"Kami sudah merekomendasikan agar di Desa Cangkorah dibangun jembatan karena memang sangat dibutuhkan warga," kata Kepala Bidang Jalan dan Jembatan, Dinas PUTR, KBB, Aan Sopian, Selasa, 25 Januari 2022.

Diketahui, Ribuan warga Desa Cangkorah, Kecamatan Batujajar, KBB harus memutar puluhan kilometer untuk mengakses layanan publik seperti sekolah, rumah sakit, dan pasar. 

Hal tersebut disebabkan akses jalan ke pemukiman warga terhalang DAS Citarum dan gendangan Waduk Saguling. Kondisi ini diperparah oleh belum adanya jembatan.

Baca Juga: Kasus Omicron di Cimahi Dinyatakan Negatif, Pasien Diizinkan Pulang

Imbasnya, untuk pergi ke kantor desa saja warga harus memutar melewati Desa Galanggang, Batujajar Barat, Batujajar Timur, dan Desa Giri Asih. 

Data Desa Cangkorah menyebut, ada 10 RW meliputi RW 8 sampai RW 11 yang membutuhkan akses jembatan. Total warga yang terdapak harus memutar untuk ke kantor desa berjumlah sekitar 6 ribu jiwa. 

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X