Jalan Ali Sadikin Diusulkan Jadi Nama Tol Cisumdawu

- Selasa, 25 Januari 2022 | 10:37 WIB
Peresmian Tol Cisumdawu Seksi 1, Senin, 25 Januari 2022. Tol Cisumdawu diusulkan bernama Jalan Ali Sadikin. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Peresmian Tol Cisumdawu Seksi 1, Senin, 25 Januari 2022. Tol Cisumdawu diusulkan bernama Jalan Ali Sadikin. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

CILEUNYI, AYOBANDUNG.COM -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mempertimbangkan untuk mengabadikan nama tokoh masyarakat Sunda untuk infrastruktur besar di Jawa Barat. Tol Cisumdawu yang baru diresmikan Senin, 24 Januari 2022, diusulkan dinamai Jalan Ali Sadikin.

"Tol Cisumdawu jika memang tidak ada halangan bisa dipertimbangkan diberi nama, menjadi jalan Ali Sadikin sebagai aspirasi dari masyarakat Priangan disini kepada tokoh-tokoh Jawa Barat yang dianggap luar biasa," ujar Ridwan Kamil, dilaporkan Republika.

Menurutnya, usulan ini juga pernah ia sampaikan terkait Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati, Majalengka. Ia mengusulkan nama Bandara BJ Habibie sebagai pengganti nama BIJB.

Baca Juga: Tol Cisumdawu Baru Beroperasi Seksi 1 Saja, Ini Penyebabnya

Namun, kata dia, karena bandara tersebut belum beroperasi secara optimal maka usulan tersebut belum didorong maksimal dan masih menjadi bahan diskusi.

Ridwan Kamil mengaku telah meminta agar Kepala BPJT Danang Parikesit memyampaikan usulan ini secara informal di lingkup Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Ali Sadikin dipilih karena merupakan tokoh asal Sumedang yang lahir di tanah Sunda itu pada 17 Juli 1927. Ali Sadikin pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 1966.

Ia meninggal dunia di Singapura pada 20 Mei 2008. Tak hanya dikenang sebagai gubernur, ia juga mempunyai rekam jejak sebagai TNI AL dengan pangkat Purnawirawan Letnan Jenderal KKO.

Baca Juga: Seluruh Ruas Tol Cisumdawu Siap Beroperasi Juni 2022

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Anggaran BTT Kabupaten Bandung Masih Besar

Selasa, 24 Mei 2022 | 19:07 WIB
X