Pemda Bandung Barat Pangkas Anggaran Gaji TKK Rp40 Miliar

- Senin, 24 Januari 2022 | 19:10 WIB
[Ilustrasi Tenaga honorer] Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) segera melakukan penataan Tenaga Kerja Kontrak (TKK) atau pekerja non ASN tahun 2022 ini.  (Pixabay)
[Ilustrasi Tenaga honorer] Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) segera melakukan penataan Tenaga Kerja Kontrak (TKK) atau pekerja non ASN tahun 2022 ini. (Pixabay)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) bakal memangkas anggaran gaji Tenaga Kerja Kontrak (TKK) sebesar Rp40 miliar pada tahun ini. 

Jika tahun 2021 anggaran TKK mencapai Rp120 miliar. Tahun ini, APBD Bandung Barat hanya mengalokasikan anggaran upah TKK sebesar Rp80 miliar.

Langkah ini diambil sebagai upaya penghapusan tenaga honorer sesuai PP Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja.

Selain itu, pemangkasan itu guna menghemat pengeluaran APBD serta terhindar dari ranjau defisit.

Baca Juga: Pekan Depan Tol Cigatas Mulai Dibangun, Begini Bocoran dari Ridwan Kamil

"Dari kebutuhan yang dihitung Rp120 miliar. Sehingga karena kita mengalami defisit anggaran TKK dikurangi, supaya proses pengurangan berjalan dan tahun 2023 sudah tidak ada lagi TKK," kata Sekretaris Daerah KBB Asep Sodikin, Senin, 24 Januari 2022. 

Menurutnya saat ini jumlah TKK di KBB ada 3.600 orang. Selain terlalu besar, mayoritas tenaga honorer ini tak memenuhi kompetensi dan latar belakang pendidikan.

Dengan kondisi ini, OPD terkait bakal menjalankan teknis pengurangannya sesuai kebutuhan. 

"Kita di TAPD kunci dulu anggarannya. Nanti teknis pengurangannya ada di masing-masing OPD, karena mereka yang tahu betul kebutuhannya," tambahnya.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X