700 Tempat Tidur Tambahan Disiapkan Antisipasi Omicron Kota Bandung

- Senin, 24 Januari 2022 | 15:11 WIB
Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan 700 tempat tidur disiapkan antisipasi Omicron Kota Bandung. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan 700 tempat tidur disiapkan antisipasi Omicron Kota Bandung. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kota Bandung akan menyiapkan 600 hingga 700 tempat tidur tambahan di beberapa rumah sakit guna mengantisipasi penyebaran Omicron Kota Bandung.

Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, langkah ini diambil Pemkot Bandung berkaca saat lonjakan kasus penyebaran varian Delta beberapa waktu lalu, sehingga Omicron Kota Bandung tidak menyebar secara luas.

"Kalau delta itu tingkat keparahan tinggi, penyebaran gak masif dan cepat. Kalau Omicron, cepat penyebaran tapi kefatalan keparahan tidak. Jadi, kita tetap mempersiapkan fasilitas kesehatan disiapkan 600-700 tempat tidur," ujar Yana menjelaskan antisipasi kasus Omicron Kota Bandung, Senin, 24 Januari 2022.

Baca Juga: Update Omicron Kota Bandung, 80 Kontak Erat Dites PCR

Meski begitu, Yana berharap penambahan tempat tidur ini tidak sampai digunakan. Mengingat, saat ini tingkat keterisian tempat tidur hanya sebesar 5%.

"Itu kemarin naik, terus penambahan kasusnya jadi menurun dan positivity rate masih di 0,19 jauh di bawah 5%. Memang IRT reproduksi virusnya kita di angka 1 koma sekian, seharusnya di bawah 1 tapi tetap waspada," jelas Yana.

Selain antisipasi tersebut, Yana juga sedang mengkaji penerapan Work From Home (WFH) di lingkungan Pemkot Bandung. Serta mengkaji penerapan pembatasan hingga penutupan kepada tempat-tempat yang berpotensi menimbulkan keramaian dan bisa menyebarkan virus lebih cepat.

Baca Juga: 6 Kasus Omicron Kota Bandung Tersebar di Tiga Kecamatan Ini

"Sementara kita lihat dulu, kita saat ini sedang melakukan pemulihan ekonomi pasca pandemi ini kita juga hati-hati. Kita siap ngerem tapi sementara lewat pengawasan," papar Yana.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X