Dinkes Catat 3.743 Kasus DBD Bandung Sepanjang 2021

- Minggu, 23 Januari 2022 | 13:45 WIB
Kasus DBD Bandung. Ilustrasi Fogging DBD di Kota Bandung. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Kasus DBD Bandung. Ilustrasi Fogging DBD di Kota Bandung. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
 
LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Kesehatan Kota Bandung mencatat ada 3.743 kasus DBD Bandung selama 2021. Tercatat, dari jumlah tersebut sebanyak 13 pasien yang positif demam berdarah dengue dinyatakan meninggal Dunia.
 
Sub Koordinator Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2P) Dinas Kesehatan Kota Bandung, dr. Ira Dewi Jani, mengatakan pada Januari 2021, ada sebanyak 177 penderita DBD di Kota Bandung. 
 
Menurutnya, berdasarkan laporan dari puskesmas dan rumah sakit, pada Januari 2022, kasus DBD Bandung mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan bulan yang sama pada 2021.
 
 
"Kalau melihat dari data yang dikumpulkan dari Puskesmas dan RS memang kasus DBD 2022 ini meningkat dibandingkan dengan bulan yang sama di tahun sebelumnya," kata Ira saat dikonfirmasi, Minggu, 23 Januari 2022.
 
Ira membenarkan ada penderita DBD yang saat ini tengah dirawat di faslitas kesehatan di Kota Bandung.
 
"Ada (dirawat), kasusnya meningkatkan tapi angka kematian jika dibandingkan dengan periode waktu yang sama tahun lalu lebih sedikit," ungkapnya.
 
 
Saat ini, tambah Ira, pihak telah mengeluarkan surat edaran kewaspadaan di lingkungan pemerintah kota Bandung maupun fasilitas kesehatan menyusul adanya peningkatan kasus DBD di Kota Bandung.
 
"Jadi kami mengambil langkah kewaspadaan dengan mengumpulkan pihak RS, Puskesmas juga ada surat kewaspadaan bagi aparat pemerintahan ke Pemerintahan ke Sekda, terus memastikan ada regen di faskes supaya kalau ada DBD (kasus DBD Bandung) bisa di deteksi secara dini," tandasnya.

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sah! Kota Bandung Deklarasi Jadi Kota Angklung

Sabtu, 21 Mei 2022 | 14:30 WIB
X