Arteria Dahlan Semakin Meyakinkan Bupati Cianjur Soal Bahasa Sunda, Kok Bisa?

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 15:50 WIB
Arteria Dahlan Semakin Meyakinkan Bupati Cianjur Soal Bahasa Sunda, Kok Bisa? (Ayobandung.com/ Muhammad Ikhsan)
Arteria Dahlan Semakin Meyakinkan Bupati Cianjur Soal Bahasa Sunda, Kok Bisa? (Ayobandung.com/ Muhammad Ikhsan)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM — Bupati Cianjur H Herman Suherman menyatakan merasa senang dan tenang dengan reaksi warga Cianjur suku Sunda yang merasa terusik dengan pernyataan Arteria Dahlan Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP.

Hal itu disampaikan Herman Suherman di depan budayawan, LSM dan Ormas saat unjuk rasa menuntut DPP PDIP memecat Arteria Dahlan sebagai Anggota DPR RI maupun kader partai berlambang banteng itu, di Gedung DPRD Cianjur, Jumat 21 Januari 2022.

“Sim kuring ngaraos reueus ku kakompakan urang Cianjur ngarespon dina waktos basa Sunda disapirakeun, kusabab geus nunjukan harkat jeung harga diri urang Sunda (Saya merasa senang dan tenang dengan kekompakan warga Cianjur suki Sunda yang begitu respon disaat bahasa Sunda dilecehkan, menunjukan harkat dan harga diri orang Sunda),” kata Herman yang disambut tepuk tangan dari masa.

Baca Juga: Berbagai Elemen di Cianjur Dukung Pemecatan Arteria Dahlan 

Herman menjelaskan, sebelum adanya kasus “Kajati Pake Bahasa Sunda”, pemerintah daerah sudah mengeluarkan kebijakan yang ngamumule budaya Sunda.

Kebijakan itu diantaranya, semua pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cianjur setiap Rabu harus memakai pakaian adat Sunda.

Tidak hanya dari pakaian adat Sunda sebagai identitas, tetapi juga bahasa tutur seharian tepatnua Rabu harus menggunakan bahasa Sunda.

Baca Juga: DPD PDIP Jabar Ikut Merasa Tersakiti Atas Sikap Arteria Dahlan, Minta Partai Beri Sanksi Tegas

“Saya mengeluarkan kebijakan itu karena bahasa Sunda merupakan bahasa ibu, sudah pasti harus dijaga dan dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Herman.

Gara-gara Arteria Dahlan dan respon warga Cianjur orang Sunda saat membela harkat dan harga diri, ungkap Herman, semakin meyakinkan untuk mengeluarkan kebijakan baru.

Halaman:

Editor: Isabella Nilam Mentari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X