Kronologi Kasus Omicron Pertama di Cimahi, Pasien ART

- Jumat, 21 Januari 2022 | 19:44 WIB
Kronologi Kasus Omicron Pertama di Cimahi, Pasien ART
Kronologi Kasus Omicron Pertama di Cimahi, Pasien ART

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Kasus pertama konfirmasi Covid-19 varian Omicron dilaporkan muncul di Kota Cimahi, Jumat 21 Januari 2022. 

Warga yang terpapar adalah perempuan berprofesi sebagai Asisten Rumah Tangga (ART). Dia dinyatakan terkonfirmasi varian Omicron berdasarkan hasil swab tes PCR dan uji lab Whole Genome Sequencing (WGS). 

Menurut Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi Reri Marliah, temuan kasus Omicron ini bermula ketika majikan pasien yang berjumlah empat orang berlibur ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca Juga: Cimahi Konfirmasi Kasus Omicron Pertama, Ini Langkah Pemerintah

Sebelum kepulangan, mereka melakukan swab test di bandara dan hasilnya positif. Mereka pun menjalani isolasi di sana.

Sebagai langkah preventif, ART yang tidak ikut berlibur ke Labuan Bajo beserta dua orang lainnya yang berada di Kota Cimahi mengikuti swab test PCR. Hasil tes justru menunjukkan positif Covid-19. 

"Ada 3 orang di rumah itu termasuk ART yang tes PCR. Hasilnya 2 positif. Salah satu dari mereka ada gejala batuk, pilek dan sesak kemudian dirujuk ke rumah sakit ternyata suspect Omicron," kata Reri.

Baca Juga: 6 Kasus Omicron Kota Bandung Tersebar di Tiga Kecamatan Ini

Sampel ART yang suspect itu akhirnya dikirim ke labolatorium untuk ditest WGS. Hasilnya pun keluar yang menyatakan pasien tersebut positif terinfeksi varian Delta. 

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rumah Satu Atap di Cimahi Dilalap Si Jago Merah

Selasa, 10 Mei 2022 | 15:10 WIB
X