Perbedaan SPBU, Pertashop, dan Pertamini

- Jumat, 21 Januari 2022 | 13:59 WIB
Walaupun sama-sama menjual bahan bakar untuk kendaraan, namun SPBU, Pertashop, dan Pertamini memiliki perbedaan yang signifikan. (Dok. Pertamina)
Walaupun sama-sama menjual bahan bakar untuk kendaraan, namun SPBU, Pertashop, dan Pertamini memiliki perbedaan yang signifikan. (Dok. Pertamina)
 
SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Walaupun sama-sama menjual bahan bakar untuk kendaraan, namun SPBU, Pertashop, dan Pertamini, memiliki perbedaan yang signifikan.
 
Pertamini menjadi istilah baru bagi penjual bahan bakar eceran. Istilah ini muncul ketika adanya penjualan dispenser penakar bahan bakar yang dibuat oleh masyarakat skala rumahan.
 
Biasanya, Pertamini menjual bahan bakar jenis Pertalite dan Pertamax. Bahan bakar di tempat ini dibeli dari SPBU.
 
Namun, ternyata keberadaan Pertamini tidaklah berizin dari pemerintah. Bahkan tidak ada pengawasan baik kualitas bahan bakar sampai takaran pasti bahan bakar yang dijual.
 
 
"Untuk pertamini, kami tidak memiliki kewenangan untuk melakukan tera ulang. Karena tidak berizin," ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bandung Dicky Anugrah, Jumat, 21 Januari 2022.
 
Namun, Dikcy mengatakan pihaknya tidak bisa melakukan penertiban, terlebih sebaran bahan bakar di Kabupaten Bandung masih terpusat di wilayah perkotaan.
 
 
Keberadaan Pertamini cukup membantu menyebarkan bahan bakar di wilayab pelosok.
 
BUMDes diharapkan bisa menjadi mitra Pertamina untuk mendirikan Pertashop agar suplai bahan bakar di pelosok bisa terpenuhi. (Dok. Pertamina)
 
Berbeda dengan Pertamini, Pertashop merupakan SPBU dengan kapasitas lebih kecil.
 
Di Pertashop seluruh peralatan yang digunakan sudah sesuai standar. Dilakukan juga tera ulang rutin untuk menjaga kualitas takaran bahan bakar yang dijual.
 
Disyaratkan juga memiliki lahan yang cukup bagi mobil mengisi bahan bakar.
 
 
"Tapi yang dijual khusus Pertamax," ucapnya.
 
Pertashop merupakan program dari Kementerian BUMN melalui kerja sama Pertamina.
 
Sementara SPBU merupakan tempat pengisian bahan bakar lebih besar. Di beberapa tempat juga disediakan rest area.
 
 
Bahan bakar yang dijual di SPBU juga lebih lengkap. Selain Pertalite dan pertamax dijual juga bahan bakar jenis lain, baik itu untuk kendaraan yang menggunakan bensin, maupun solar.
 
Dengan memahami perbedaan SPBU, Pertashop, dan Pertamini, masyarakat diharapkan tahu antara yang berizin resmi dari pemerintah dan yang tidak. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 SD Negeri di Margahayu Dituntut Rp4,8 Miliar

Kamis, 19 Mei 2022 | 16:11 WIB
X