BUMDes Diharap Bisa Akses Pertashop untuk Suplai Bahan Bakar di Pelosok

- Jumat, 21 Januari 2022 | 13:13 WIB
BUMDes diharapkan bisa menjadi mitra Pertamina untuk mendirikan Pertashop agar suplai bahan bakar di pelosok bisa terpenuhi. (Dok. Pertamina)
BUMDes diharapkan bisa menjadi mitra Pertamina untuk mendirikan Pertashop agar suplai bahan bakar di pelosok bisa terpenuhi. (Dok. Pertamina)
SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- BUMDes diharapkan bisa menjadi mitra Pertamina untuk mendirikan Pertashop agar suplai bahan bakar di pelosok bisa terpenuhi.
 
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bandung Dicky Anugrah mengatakan, saat ini Pertashop yang ada di Kabupaten Bandung banyak berdiri di wilayah perkotaan.
 
Padahal jika melihat sebaran SPBU, kebutuhan bahan bakar untuk wilayah perkotaan sudah mencukupi, sementara di wilayan pelosok masih mengandalkan penjual eceran yang tidak diawasi.
 
"Untuk mengatur sebaran bahan bakar, kami memiliki konsep memberdayakan BUMDes," ujar Dicky, Jumat, 21 Januari 2022.
 
 
Pihaknya saat ini tengah melakukan inventerisasi BUMDes di Kabupaten Bandung yang berpotensi mengembangkan usaha dengan cara mendirikan Pertashop yang dikerjasamakan dengan Pertamina.
 
"Nanti dilihat BUMDes mana yang memiliki lahan untuk mendirikan Pertashop," ujarnya.
 
 
Dengan Pertashop dikelola oleh BUMDes, bukan hanya sebaran penjualan bahan bakar bisa sampai di pelosok, tetapi juga akan meningkatkan potensi ekonomi lainnya.
 
"Kalau sudah ada legal formalnya. Pengembangan bisa dilakukan, salah satunya adalah menempatkan gerai UMKM di Pertashop yang dikelola oleh BUMDes," ujarnya.
 
 
Bukan hanya bisa mengembangkan potensi daerah, keberadaan Pertashop di pelosok juga memiliki keunggulan lainnya. Salah satunya adalah masyarakat bisa mendapat bahan bakar berkuakitas dengan takaran tepat.
 
Pasalnya, laiknya SPBU bahan bakar yang dijual di Pertashop dikirim langsung oleh Pertamina. Tera ulang juga dilakukan untuk memastikan takaran bahan bakar yang dijual sesuai. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Anggaran BTT Kabupaten Bandung Masih Besar

Selasa, 24 Mei 2022 | 19:07 WIB
X