Kabupaten Bandung Sedang Musim Demam Berdarah, Ini Cara Mencegahnya

- Kamis, 20 Januari 2022 | 17:41 WIB
Pemerintah Kabupaten Bandung meminta masyarakat mewaspadai pergantian musim, demam berdarah menjadi salah satu penyakit yang harus diwaspadai menyerang. (Pixabay)
Pemerintah Kabupaten Bandung meminta masyarakat mewaspadai pergantian musim, demam berdarah menjadi salah satu penyakit yang harus diwaspadai menyerang. (Pixabay)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kabupaten Bandung meminta masyarakat mewaspadai pergantian musim, demam berdarah menjadi salah satu penyakit yang harus diwaspadai menyerang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Grace Mediana mengatakan, musim pancaroba menjadi waktu kembang biak nyamuk, termasuk aedes aegypti penyebar demam berdarah.

"Sekarang itu musim pancaroba, masyarakat harus mewaspadai demam berdarah," ujar Grace, Kamis 20 Januari 2022.

Baca Juga: Anak Meninggal usai Vaksin Covid-19 di Cianjur, Banyak Orang Tua Batalkan Imunisasi

Dia mengakui jika pada Januari ini, terjadi peningkatan warga kabupaten bandung yang terkena demam berdarah.

"Bulan ini ada peningkatan demam berdarah dibanding dengan bulan-bulan kemarin. Tapi jika dibandingkan dengan tahun lalu, pada periode yang sama, masih tidak terlalu tinggi," katanya.

Baca Juga: 12 HP Samsung Terbaru Kelas HP 5G Murah RAM 6GB 3 Jutaan

Namun Grace tidak memberikan data rinci mengenai jumlah masyarakat kabupaten Bandung yang terjangkit demam berdarah saat ini.

Grace melanjutkan, paling penting saat ini bagi masyakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti tersebut.

Baca Juga: HP Vivo Terbaru Rlis Segera di Indonesia, Segini Harga Vivo V23 5G

Cara termudah untuk mengurangi risiko terjangkit demam berdarah adalah dengan mengurangi potensi nyamuk aedes aegypti. Nyamuk tersebut biasa bertelur di air yang tidak langsung terkena dengan tanah.

"Cara mencegahnya adalah dengan menerapkan 3 M. Membersihkan lingkungan, mengubur wadah yang berisiko dijadikan tempat nyamuk bertelur dan menutup wadah yang terisi air,"tutupnya.

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Anggaran BTT Kabupaten Bandung Masih Besar

Selasa, 24 Mei 2022 | 19:07 WIB
X