Ini Langkah Antisipasi Pemkot Usai Ditemukan 6 Kasus Omicron Kota Bandung

- Kamis, 20 Januari 2022 | 13:49 WIB
Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengonfirmasi kasus Omicron Kota Bandung. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengonfirmasi kasus Omicron Kota Bandung. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengkonfirmasi adanya kasus penyebaran Omicron Kota Bandung.

Menurutnya, enam orang pasien yang positif varian Omicron di Kota Bandung diketahui terpapar dari transmisi lokal dan bukan berasal dari perjalanan luar negeri. Mereka saat ini sedang menjalani perawatan di rumah sakit maupun isolasi karantina di BPSDM.

"Ya jadi memang ternyata 6 kasus Omicron ditemukan itu transmisi lokal bukan transmisi perjalanan jadi membuktikan sebenarnya omicron sudah ada," ujar Yana kepada wartawan di Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung, Kamis, 20 Januari 2022.

Baca Juga: Update Covid Bandung, Omicron Terdeteksi, Kasus Melonjak

Maka dari itu, Yana mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap Omicron, terlebih penyebaran virus tersebut sangat cepat. Salah satu yang harus dilakukan yaitu menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker.

"Sekali lagi saya mengimbau tetap waspada, virus cenderung bermutasi karena proses penyebaran Omicron lebih cepat. Kuncinya protokol kesehatan dan rata-rata sudah di PCR sudah negatif," bebernya.

Dengan adanya kasus Omicron Kota Bandung, ia mengaku akan kembali melakukan tes acak PCR kepada para siswa dan guru yang melaksanakan pembelajaran tatap muka. Namun begitu ia melihat kasus Omicron sangat kasuistik dan tidak dapat digeneralisasi.

"Kita lihat karena ini kasuistik gak bisa generalisir. Kita minta dinkes lakukan tes acak di sekolah sekolah yang PTM," ucapnya.

Sementara itu terkait imbauan Work From Home (WFH), ia mengatakan akan secara bertahap melaksanakan WFH sebesar 25%. Sedangkan 75% tetap Work From Office (WFO).

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X