Saung Tenaga Surya Dipasang di Lapangan Tegallega Bandung, Apa Fungsinya?

- Jumat, 21 Januari 2022 | 11:13 WIB
Saung tenaga surya di Lapangan Tegallega. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Saung tenaga surya di Lapangan Tegallega. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Lima unit Saung Tenaga Surya dipasang di Lapangan Tegallega Kota Bandung, Kamis, 20 Januari 2022. Apa fungsinya?

Saung Tenaga Surya itu merupakan bantuan dari PT Len Industri (Persero) dan anak perusahaannya, PT Surya Energi Indotama (SEI) kepada Pemerintah Kota Bandung.

“Kami (Len dan SEI) akan memberikan 10 unit Saung Tenaga Surya. Saat ini telah terpasang sebanyak 5 unit di Taman Tegallega, dan 5 unit lainnya akan menyusul," ujar Direktur Keuangan dan SDM PT Len Industri (Persero) Indarto Pamoengkas, dilaporkan Republika.

Baca Juga: Lord Rangga 'Turun Tangan' Bela Sunda, Cari Arteria Dahlan ke DPR

Kelima saung tersebut tersebar di sejumlah titik. Dua titik di Monumen Bandung Lautan Api, dua titik di Lampions Park, dan satu titik di area kolam renang Tirta Lega.

Saung tenaga surya di Lapangan Tegallega. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

“Masing-masing titik saung dalam sehari mampu menghasilkan energi listrik sebesar 408 Watt Hour (WH) yang akan disimpan dalam baterai berkapasitas 700 WH. Energi tersebut digunakan untuk lampu penerangan taman dan dapat dimanfaatkan pengunjung taman melakukan pengisian daya (charging) HP dan alat elektronika lainnya,” papar Indarto.

Sementara menurut Direktur Utama PT SEI, Bambang Iswanto, saung tenaga surya yang ada di taman-taman Kota Bandung ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang berkunjung ke taman.

Fungsinya yakni menjadi fasilitas untuk pengisian daya (charging) HP dan alat elektronika lainnya, tempat berteduh, dan bersantai.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sah! Kota Bandung Deklarasi Jadi Kota Angklung

Sabtu, 21 Mei 2022 | 14:30 WIB
X