Prakiraan Cuaca Bandung Hari Ini 20 Januari 2022, Waspada Hujan Petir

- Kamis, 20 Januari 2022 | 06:30 WIB
Cuaca Bandung hari ini. Ilustrasi. (dok. Ayobandung.com)
Cuaca Bandung hari ini. Ilustrasi. (dok. Ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Prakiraan cuaca Bandung hari ini, Kamis, 20 Januari 2022, akan hujan intensitas sedang hingga ringan. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi juga hujan akan melanda siang sampai malam hari.

  • Di Kota Bandung, cuaca akan cerah berawan pada pagi hari. Pada siang hingga malam akan turun hujan intensitas sedang hingga ringan.
  • Di Kabupaten Bandung, cuaca pagi akan cerah berawan. Hujan akan mengguyur seluruh kecamatan siang hingga malam. Waspada hujan petir di Soreang, Banjaran, Cangkuang, Cimaung, Ciwidey, Ibun, Katapang, Kertasari, Kutawaringin, dan Pangalengan.
  • Di Kabupaten Bandung Barat, cuaca akan cerah  berawan pada pagi hari. Siang hingga malam hujan di seluruh wilayah. Di Cipatat, Cipeundeuy, dan Gununghalu, hujan turun sejak pagi. Waspadai hujan petir di Lembang, Batujajar, Cililin, Cipongkor, Rongga, Saguling, dan Sindangkerja.
  • Di Kota Cimahi, pagi hari cerah berawan, siang malam hujan intensitas sedang hingga ringan.

Suhu Bandung hari ini antara 20 hingga 30 derajat Celcius. Angin dalam Cuaca Bandung BMKG bertiup ke arah Barat daya dengan kecepatan rata-rata hingga 20 km per jam.

Baca Juga: Doa Ketika Hujan Turun hingga Petir, Lengkap dengan Artinya

BMKG Prediksi Musim Hujan di Jabar Sampai Maret 2022

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati memprediksi musim hujan di Jabar akan berlangsung sampai Maret 2022.

Menurutnya, musim penghujang tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, sebab ada pengaruh La Nina.

"Analisis perkembangan musim hujan, semua wilayah Jawa Barat memasuki musim hujan. Dan yang perlu diperhatikan adanya anomali musim hujan kali ini berbeda dengan dua tahun lalu dan tahun-tahun sebelumnya," kata Dwikorita belum lama ini.

Efek fenomenna La Nina ini, kata Dwikorta, menyebabkan curah hujan di Jabar meningkat sampai 70 persen. Dengan begitu, musim hujan di Jabar kali ini memiliki curah hujan yang berbeda-beda tiap Kabupaten/Kota.

Pada Desember 2021, berpotensi adanya peningkatan curah hujan 10-70 persen di Bogor, bagian selatan Cianjur, bagian timur Bekasi, bagian selatan Bandung, Karawang, Indramayu, Tasikmalaya, bagian utara dan tengah Majalengka, Garut, Ciamis, dan Banjar. Untuk yang di atas 70 persen, ada di Sukabumi, bagian selatan Majalengka, Pangandaran, Kuningan, dan Cirebon.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Update! Harga Emas Bandung Hari Ini 23 Mei 2022

Senin, 23 Mei 2022 | 10:30 WIB
X