Ucapan Arteria Dahlan Singgung Bahasa Sunda Bukan Tanggung Jawab Partai

- Rabu, 19 Januari 2022 | 14:43 WIB
TB Hasanuddin menganggap, ungkapan yang dilontarkan oleh Arteria Dahlan tidak mewakili komunitas partai PDIP atau Anggota DPR RI. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
TB Hasanuddin menganggap, ungkapan yang dilontarkan oleh Arteria Dahlan tidak mewakili komunitas partai PDIP atau Anggota DPR RI. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
 
BATUNUNGGAL, AYOBANDUNG.COM — Anggota Komisi I DPR RI, TB Hasanuddin menganggap, ungkapan yang dilontarkan oleh Arteria Dahlan tidak mewakili komunitas partai PDIP atau Anggota DPR RI.
 
Dia juga turut menyayangkan terhadap sikap Arteria Dahlan yang menyingggung penggunaan Bahasa Sunda dalam rapat kerja.
 
"Itu (singgung Bahasa Sunda) dilakukan secara hukum dan harus bertanggung jawab atas ucapannya secara pribadi," kata TB Hasanuddin ketika ditemui di Perpustakaan Ajip Rosidi, Kota Bandung, Rabu, 19 Januari 2022.
 
TB Hasanuddin mengaku, dia sudah berbicara langsung kepada Arteria Dahlan dan menyempaikan rasa kekecewaannya.
 
 
Menurutnya, umpatan-umpatan dalam bentuk kekesalan yang pihaknya perlihatkan itu ditujukan langsung kepada Arteria Dahlan, bukan kepada partai PDIP.
 
"Karena kalau berbicara partai, saya juga ada di sana (PDIP), tapi ini ditujukan kepada yang bersangkutan," ujarnya.
 
Di tempat yang sama, Budayawan Sunda, Budi Dalton menilai, sikap Arteria Dahlan yang menyinggung penggunaan Bahasa Sunda ini sudah membuat kegaduhan masyarakat, khususnya masyarakat Sunda.
 
 
Menurut Budi Dalton, penggunaan bahasa daerah termasuk Bahasa Sunda merupakan langkah yang diambil ketika bahasa Nasional yaitu Indonesia belum lengkap.
 
"Ada kekuatan bahasa yang tidak bisa dialihbahasakan. Pada saat bahasa kita, Indonesia, belum lengkap, maka kita mengambil bahasa lokal sebagai serapan," kata Budi.

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sah! Kota Bandung Deklarasi Jadi Kota Angklung

Sabtu, 21 Mei 2022 | 14:30 WIB
X