Arteria Dahlan Singgung Penggunaan Bahasa Sunda, Yana: Tolong Hargai Kami

- Rabu, 19 Januari 2022 | 11:06 WIB
Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyayangkan aksi Arteria Dahlan, Rabu, 19 Januari 2022. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyayangkan aksi Arteria Dahlan, Rabu, 19 Januari 2022. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyayangkan aksi Arteria Dahlan yang mempermasalahkan Kepala Kejati Jabar menggunakan bahasa Sunda saat rapat kerja dengan DPR.

"Wajar lah kita, di kampung kita, di Bandung, kita menggunakan bahasa ibu kita, bahasa Sunda di berbagai kegiatan. Saya pikir wajar. Kenapa itu harus dipermasalahkan oleh Dewan yang terhormat," ujar Yana di Taman Tegallega, Rabu, 19 Januari 2022.

Selain itu, menurut Yana, penggunaan bahasa Sunda dalam kegiatan sehari-hari merupakan salah satu upaya masyarakat dalam melestarikan budaya asli Indonesia.

Baca Juga: Ridwan Kamil Minta Arteria Dahlan Minta Maaf ke Masyarakat Sunda

"Saya menganggap bahwa penggunaan bahasa Sunda di wilayah kita di berbagai kegiatan. Saya pikir wajar. Itu mah ikhtiar kita mempertahankan budaya kita sendiri bahasa ibu kita juga," lanjut Yana.

Maka dari itu, Yana mengingatkan agar setiap elemen masyarakat bisa menghargai adat dan budaya asli daerah terutama bahasa yang memang menjadi ciri khas sebuah etnis.

"Tolong dihargai bahwa kita ini kan punya bahasa daerah ya. Dan digunakannya juga di daerah kita gitu ya saya pikir hal yang wajar atuh," jelasnya.

Disinggung Arteria Dahlan harus minta maaf kepada masyarakat Sunda, Yana berujar itu bukan kapasitasnya. Meski begitu, ia tetap menyayangkan aksi yang membuat masyarakat Sunda merasa sakit hati.

"Bukan kapasitas saya," ujarnya.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X