Ridwan Kamil Minta Arteria Dahlan Minta Maaf ke Masyarakat Sunda

- Rabu, 19 Januari 2022 | 09:26 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil meminta Arteria Dahlan untuk meminta maaf kepada orang Sunda. (Ayobandung.com/Gelar Aldi S.)
Gubernur Jabar Ridwan Kamil meminta Arteria Dahlan untuk meminta maaf kepada orang Sunda. (Ayobandung.com/Gelar Aldi S.)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta Arteria Dahlan untuk segera meminta maaf kepada masyarakat Sunda yang berada di berbagai daerah di Indonesia.

"Sebenarnya orang Sunda itu pemaaf, jadi saya berharap itu (Arteria Dahlan meminta maaf) dilakukan," ujar Ridwan Kamil dalam keterangan resmi yang diterima oleh Ayobandung.com, Rabu, 19 Desember 2022.

Ridwan Kamil menilai, reaksi rasis yang diperlihatkan oleh Arteria Dahlan sebagai Anggota Komisi III DPR RI ini melukai kebhinekaan NKRI.

Baca Juga: Arteria Dahlan Usul Pecat Kajati Jabar Usai Gunakan Bahasa Sunda dalam Rapat, Budi Dalton: Rasis

Karena dengan begitu, pernyataan yang dilontarkan oleh Arteria Dahlan sudah melukai sebagian warga Sunda di seluruh Indonesia.

Menurutnya, bahasa daerah termasuk bahasa Sunda merupakan kekayaan nusantara yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu dan patut untuk dilestarikan.

"Menurut saya kekayaan, keberagaman, makanya Pancasila Bhineka Tunggal Ika itu mewakili semangat itu. Terkait masalah bahasa, (Bahasa Sunda) ada sejak ratusan tahun, bahkan ribuan tahun menjadi kekayaan Nusantara ini," tuturnya.

Mantan Wali Kota Bandung ini juga menginginkan Arteria Dahlan untuk membuktikan ucapan dari Kajati Jabar yang mana yang membuat ketidaknyamanan.

"Yang ada itu ucapan selamat pembuka pidato atau penutup pidato atau di tengah-tengah ada celetukan celetukan yang saya kira wajar-wajar saja," katanya.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X